Sukabumi Update

Alasan Kenapa Pengendara Motor Harus Turun Saat Isi BBM Meski Tangki Berada di Depan

Ilustrasi. Mungkin banyak yang belum tahu kenapa pengendara motor harus turun dari motornya saat mengisi bahan bakar sekalipun tangki BBM motor terletak di depan | Foto: iStock

SUKABUMIUPDATE.com - Saat mengisi BBM sepeda motor pengendara umumnya akan turun dari motor karena letak tangki bahan bakar yang berada tepat di bawah tempat duduk.

Namun, untuk sepeda motor yang letak tangkinya di depan seperti motor sport, pengendara umumnya tidak turun dari motor karena alasan kepraktisan.

Tapi ternyata hal tersebut kurang tepat. Karena sebaiknya pengendara motor tetap harus turun saat mengisi bahan bakar sekalipun tangki BBM berada di depan.

Hal tersebut disarankan karena alasan keamanan selama proses pengisian bahan bakar ke dalam tangki motor.

Baca Juga: Cara Dapatkan Subsidi Motor Listrik Rp7 Juta Khusus Volta, Gesits dan Selis

Melansir dari Suara.com, Direktur Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana mengatakan pengendara motor harus turun saat mengisi bensin agar lebih mudah melakukan evakuasi jika terjadi ledakan atau kebakaran.

"Setelah saya pelajari kalau terjadi ledakan atau kebakaran, jadi lebih mudah melakukan evakuasi," ujar Sony Susmana dalam sebuah diskusi online.

Dia juga menjelaskan sejumlah pom bensin sudah menerapkan prosedur tersebut. Hal ini demi memang diterapkan demi keamanan, dan apabila tidak dipatuhi maka petugas berhak untuk tidak melayani konsumennya.

"Saya pikir memang cukup merepotkan (untuk model motor tertentu) karena mulut tangki ada di tengah. Tetapi tetap harus dilakukan untuk keamanan," ungkapnya.

Baca Juga: Deretan Jalan Tol yang Bisa Dibuat Jalur Khusus Motor, Apakah Tol Bocimi Termasuk?

Memang selama ini belum ada aturan yang mengharuskan pengendara wajib turun dari motor saat mengisi BBM. Namun hal itu baik dilakukan untuk pencegahan seandainya terjadi percikan saat pengisian bahan bakar.

Sumber: Suara.com

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT