Sukabumi Update

3 Manfaat Memanaskan Sepeda Motor Setiap Pagi, Salah Satunya Charge Aki

3 Manfaat Memanaskan Sepeda Motor Setiap Pagi, Salah Satunya Charge Aki. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto.)

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi pemilik kendaraan, memanaskan mesin motor setiap pagi adalah salah satu aktivitas yang harus dilakukan. Memanaskan mesin berguna untuk mesin motor tetap awet dan tetap prima performanya.

Memanaskan sepeda motor merupakan kegiatan yang sering kali dilakukan dan terlihat umum. Apalagi jika motor tersebut masih baru, tentunya setiap pagi pasti dipanaskan mesinnya.

Lalu, apakah manfaat dari memanaskan sepeda motor setiap pagi itu? Berikut manfaat dari memanaskan sepeda motor seperti dikutip dari Wahana Honda via Suara.com.

Baca Juga: 5 Penginapan Murah di Sukabumi di Bawah Rp300 Ribuan, Cocok Untuk Backpacker!

1. Mensirkulasi Oli ke Mesin

Memanaskan sepeda motor membuat oli bersirkulasi ke ruang mesin sehingga komponen mesin yang bergesekan dapat terlumasi dengan baik.

Baca Juga: Link Nonton Film Sewu Dino Full Movie, Film Horor Tentang Santet yang Mematikan

2. Charge Aki

Sepeda motor yang jarang digunakan menjadikan aki motor perlu di-charge agar tidak ngedrop, dengan menyalakan sepeda motor membantu aki melakukan charging otomatis ketika sepeda motor telah langsam.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Toko HP di Sukabumi yang Terpercaya, Lengkap dengan Alamatnya!

3. Suhu Kerja Ideal Mesin

Dengan memanaskan sepeda motor, mesin akan mencapai suhu ideal sehingga kerja mesin jadi lebih optimal dan sepeda motor siap untuk digunakan.

Tapi seiring perkembangan teknologi mesin sepeda motor, pemilik sepeda motor tak perlu lagi memanaskan mesin sebelum beraktivitas. Karena teknologi pada motor modern kebanyakan sudah dilengkapi dengan sensor-sensor pendukung yang membuat kinerja mesin jadi lebih sempurna.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Laundry Pakaian di Kota Sukabumi, Cocok Untuk yang Males Nyuci!

Meski demikian, pemilik sepeda motor tetap diperbolehkan melakukan pemanasan mesin dengan catatan melakukannya sesuai dengan yang dianjurkan. Seperti cukup nyalakan motor dan diamkan beberapa saat tanpa harus memutar-mutar tuas gas.

Atau ketika motor sudah lama tidak digunakan sehingga butuh perlakuan khusus agar mesin sepeda motor dapat kembali normal setelah lama tidak digunakan.

Sumber: Suara.com

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT