Sukabumi Update

Kenali 4 Tanda Ban Motor Harus Diganti, Pengendara Wajib Tahu!

Ilustrasi ban motor - Kenali 4 Tanda Ban Motor Harus Diganti, Pengendara Wajib Tahu!. | (Sumber : Foto: Pixabay.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu komponen penting dalam kendaraan roda dua adalah ban motor. Hal itu merupakan yang wajib diperhatikan oleh semua pengendara sepeda motor.

Ban motor harus segera diganti apabila terdapat tanda-tanda yang mengkhawatirkan. Komponen tersebut adalah hal vital yang bisa menjurus ke bahaya jika tidak perhatikan.

Nah, berikut ini ada 4 tanda ban motor harus diganti seperti yang dikutip dari Wahana Honda via Suara.com.

Baca Juga: Begini Cara Bu Siti Berbagi Jatah dengan 2 Suami Mudanya, Tetap Harmonis

1. Lihat Kondisi Alur Ban

Kondisi alur ban yang sudah menipis dan nyaris tak terlihat atau sudah gundul menjadi salah satu tanda ban motor harus diganti. Kondisi ini dapat mempengaruhi kenyamanan selama berkendara bahkan juga dapat meningkatkan risiko kecelakaan di jalan.

Baca Juga: Inilah 5 Dampak Buruk Poliandri Seperti Kisah Bu Siti Bagi Pelakunya

Ban motor yang aus akan terasa jauh lebih licin ketika digunakan berkendara. Terlebih jika di tengah musim penghujan yang mana hal tersebut dapat membuat risiko terjadinya ban selip lebih besar sehingga Anda dapat tergelincir sewaktu-waktu.

2. Dilihat dari Jarak Tempuh Kendaraan

Umumnya, ban motor bagian depan direkomendasikan untuk diganti setelah digunakan untuk menempuh jarak hingga 12.000 km. Sedangkan pada ban belakang lebih disarankan untuk menggantinya ketika berkendara 10.000 km.

Namun demikian jarak tempuh seringkali tak bisa dijadikan satu-satunya tanda ban motor harus diganti. Penting untuk memastikan tidak ada retakan, benjol ataupun bagian yang aus pada ban.

Baca Juga: Resmi Hengkang dari Persib Bandung, Henhen: Ini Jalan yang Terbaik

3. Kondisi Usia Ban Motor

Idealnya, usia ban motor hanya berkisar 1,5 hingga 2 tahun. Lebih dari itu disarankan untuk segera melakukan penggantian. Biasanya usia yang sudah cukup lama adalah tanda ban motor harus diganti, karena bisa memiliki berbagai gejala penyakit seperti bocor halus, retakan dan lain-lain.

4. Ban Sering Bocor

Tanda ban motor harus diganti terakhir adalah sering bocor. Ban motor yang sudah sering mengalami bocor saat digunakan berkendara juga sebaiknya harus segera diganti.

Terlebih jika hal tersebut terjadi lebih dari 3 kali. Karena artinya ban tersebut sudah tidak berada dalam kondisinya yang prima.

Baca Juga: Cerita Pemilik Warung di Sukabumi, Ketiban Berkah dengan Keberadaan Tol Bocimi

Sumber: Suara.com

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT