Sukabumi Update

CVT Motor Matik Terasa Bergetar? Ini 5 Faktor Penyebabnya

Ilustrasi. Inilah beberapa faktor penyebab CVT motor matik terasa bergetar | Foto: Pixabay/mariya_m

SUKABUMIUPDATE.com - CVT merupakan jenis transmisi yang biasa digunakan pada kendaraan bermotor, termasuk sepeda motor. Salah satu masalah yang kerap dialami pengguna motor matik yaitu CVT terasa bergetar terutama saat kecepatan rendah.

CVT motor matik sendiri menggunakan sistem penggerak sabuk yang memungkinkan rasio roda gigi dalam jumlah tak terbatas dalam rentang tertentu.

Di dalam blok CVT selain sabuk (Belt) terdapat banyak komponen lain. Lalu apa yang menyebabkan CVT terasa bergetar? berikut beberapa faktor penyebabnya dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: 5 Tips Sederhana Agar Motor Aman Tidak Gampang Dicuri Maling

1. Sabuk CVT aus atau kendor

Sabuk CVT yang aus atau kendor dapat menyebabkan getaran pada motor matik. Jika sabuk terlalu longgar, akan terjadi slip yang dapat menyebabkan getaran. Sementara itu, jika sabuk aus atau rusak, getaran juga dapat terjadi karena tidak ada transmisi daya yang efektif.

2. Perubahan beban pada transmisi

Saat beban pada motor matic berubah secara tiba-tiba, misalnya saat akselerasi atau saat berpindah dari gigi rendah ke gigi tinggi, getaran dapat terjadi jika CVT tidak dapat menyesuaikan secara mulus.

Ini bisa terjadi jika ada masalah pada sistem penyesuaian CVT atau jika terdapat hambatan mekanis dalam transmisi.

Baca Juga: Fardhu Wudhu yang Harus Dipenuhi Ketika Bersuci, Niat Hingga Tertib

3. Roller CVT aus atau rusak

Roller dalam CVT adalah komponen yang membantu mengubah rasio gigi dengan menyesuaikan posisi roller. Jika roller aus atau rusak, mereka mungkin tidak dapat bergerak dengan baik, menyebabkan getaran pada motor matik.

4. Kotoran atau debu

Akumulasi kotoran atau debu dalam CVT dapat mengganggu pergerakan komponen internal, seperti roller, sabuk, atau puli. Hal ini dapat mengakibatkan getaran saat transmisi bekerja.

Baca Juga: 5 Bahaya Hubungan Sedarah Bagi Keturunan, Risiko Kematian Tinggi!

5. Masalah pada bearing

Jika ada masalah dengan bearing atau komponen lain dalam CVT, seperti pulley yang tidak rata, dapat menyebabkan getaran saat motor matik beroperasi.

Jika CVT Motor Matik Anda mengalami getaran yang tidak biasa, disarankan untuk membawa motor matik Anda ke bengkel resmi agar segera diketahui penyebabnya serta mendapatkan penanganan yang tepat.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT