Sukabumi Update

Diikuti Bupati, Berikut Rute Touring Sukabumi Ngabumi Session 2

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengikuti touring Merdeka Ngabumi 2022 dengan jalur Geopark Ciletuh Palabuhanratu. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui Dinas Pariwisata (Dispar) kembali menggelar acara touring dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Sukabumi.

Bertajuk Touring Sukabumi Ngabumi Session 2, diagendakan Bupati Sukabumi Marwan Hamami bersama unsur Forkopimda, perangkat daerah hingga BUMD bakal melakukan kegiatan perjalanan jarak jauh menggunakan sepeda motor pada Sabtu 26 Agustus 2023 besok.

Kepala Dispar Kabupaten Sukabumi Sigit Widarmadi melalui Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Luki Mufti mengatakan, berdasarkan rute yang dipilih, Touring Ngabumi yang kedua ini berbeda dengan edisi perdana. Dimana rute kali ini melalui jalur selatan Sukabumi, dari mulai Kecamatan Nyalindung, Sagaranten, Cidolog, Tegalbuleud, Cibitung, Waluran dan finish di Pantai Palangpang Kecamatan Ciemas.

Baca Juga: Bupati Sukabumi Ungkap Cara Touring Merdeka Ngabumi Bantu Perekonomian Warga

"Jadi temanya touring ini adalah untuk mengunjungi sekaligus memperkenalkan tempat-tempat wisata di selatan Sukabumi yang dilalui peserta touring. Sementara ini peserta yang mendaftar kurang lebih sekitar 750 orang, ini kemungkinan bisa bertambah melihat animo yang besar dari calon peserta touring," kata Luki kepada sukabumiupdate.com, Jumat (25/8/2023).

Menurut Luki, kegiatan touring ini selain dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Sukabumi ke-153, juga bertujuan sebagai upaya promosi Daya Tarik Wisata dan Seni Budaya Kabupaten Sukabumi sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Dengan begitu banyaknya peserta touring ini tentu saja diharapkan membawa berkah terutama untuk objek-objek atau tempat-tempat yang dikunjungi," tandasnya.

Berikut rute dan agenda acara Touring Sukabumi Ngabumi Session 2:

1. Hari pertama tanggal 26 Agustus 2023.

Touring dimulai sejak pukul 07.30 WIB, dengan start dari SMK Pertanian 1 Sukaraja, kemudian rombongan bergerak ke sejumlah destinasi mulai dari Fina Farm Nyalindung, Curug Caweni Cidolog, Muara Keusik Urug Tegalbuleud, Curug Cikaso Cibitung, Batu Bubutan Waluran dan Finish di Pantai Palangpang Ciemas.

Acara kemudian dilanjutkan dengan berbagai kegiatan gebyar kewilayahan yang berpusat di Pantai Palangpang. Mulai dari bakar ikan, festival tumpeng, hingga kegiatan seni dan budaya.

2. Hari Kedua 27 Agustus 2023

Kegiatan masih berpusat di kawasan Pantai Palangpang dengan tema acara sapoe ulin di lembur, mulai dari senam gurilaps (Gurak-Kormi), kaulinan sunda, bazar UMKM gebyar kewilayahan, penanaman 1.000 bibit pohon mangrove dan ditutup dengan snorkeling.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT