Sukabumi Update

3 Tips Memilih Ban Motor yang Aman Untuk Musim Hujan

3 Tips Memilih Ban Motor yang Aman Untuk Musim Hujan | Foto: ultimatemotorcycling.com

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi pengendara motor, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memasuki musim hujan, salah satunya yaitu memilih ban agar tetap aman digunakan di tengah kondisi jalanan basah.

Ban menjadi faktor penting dalam kendaraan dan menunjang keselamatan saat berkendara, namun masih banyak pengendara yang mengabaikan komponen ini.

Salah satu yang harus diwaspadai pengendara di musim hujan yaitu adanya aquaplaning, kondisi dimana ban melewati permukaan air namun dalam keadaan mengambang atau tidak sepenuhnya menyentuh aspal.

Baca Juga: Mengenal Sunburn pada Motor dengan Speedometer LCD, Begini Cara Mencegahnya!

Akibatnya, pengendara kehilangan kendali yang berujung kecelakaan karena ban motor yang dikendarai akan kehilangan traksi atau cengkramannya pada aspal.

Berikut tips memilih ban motor yang cocok di saat musim hujan, seperti dilansir Wahana Honda via Tempo.co.

1. Motif Ban

Motif pada ban motor sangat berguna untuk memecah air ketika pengendara menerjang genangan akibat hujan. Jadi, sepeda motor bisa tetap stabil jika melewati genangan dengan aliran yang tidak terlalu deras.

Namun saat melihat ada aliran air yang deras, sebaiknya hindarilah, meski motor memiliki ban dengan kembangan atau motif rapat. Karena risiko motor terguling dan terseret arus bisa saja terjadi.

Baca Juga: Daftar Harga Motor Vespa Matik Terbaru 2023 di Indonesia, Cek di Sini!

2. Teknologi Silica

Ban yang memiliki teknologi silica diklaim mampu mencengkram permukaan jalan lebih kuat. Oleh karena itu, jenis ban motor ini dianggap aman digunakan ketika berkendara di jalanan yang licin dan basah akibat hujan.

3. Ban Standar

Sebenarnya ini cara yang sederhana, yaitu dengan tidak mengganti ban alias tetap setia dengan ban standar rekomendasi pabrikan. Sebab, pabrik ban di Indonesia biasanya sudah menyesuaikan produksi dengan kondisi jalanan di sini, termasuk ketika hujan.

Sumber: Tempo.co

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT