Sukabumi Update

Benarkah Ngecas HP di Motor Bikin Aki Tekor? Begini Penjelasannya

Mengisi daya atau ngecas HP di motor tidak akan menyebabkan aki tekor selama mesin dalam keadaan menyala (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Motor-motor keluaran terbaru telah dilengkapi dengan berbagai fitur salah satunya tersedia soket yang bisa digunakan untuk mengisi ulang daya handphone (HP).

Namun, timbul pertanyaan, apakah mengisi daya HP di motor memiliki dampak negatif pada komponen motor seperti aki menjadi tekor?

Melansir dari Tempo.co, merujuk laman Wahana Honda, sejatinya output pengisian daya HP di motor tidak akan berpengaruh terhadap usia aki motor, selama mesin tetap menyala.

Baca Juga: Rumor Honda Stylo 160 Kembali Ramai Usai AHM Unggah Teaser Motor Baru

Berbeda halnya jika ngecas HP di motor dilakukan saat mesin motor mati, karena penggunaan arus diambil dari arus aki.

Meskipun tidak begitu berpengaruh sepenuhnya terhadap aki, sebaiknya tidak dibiasakan mengisi daya baterai ponsel menggunakan output daya yang tersedia di motor. Sebab, daya yang dikeluarkan aki sering tidak stabil, dan ini bisa berpengaruh terhadap daya tahan baterai ponsel.

Jika output listrik yang dikeluarkan sesuai dengan spesifikasi daya ponsel, maka hal tersebut tidak menjadi masalah. Tetapi, Wahana menyarankan untuk tidak membiasakan mengisi daya baterai menggunakan output daya di motor. Pengendara lebih disarankan mengisi daya di rest area atau tempat singgah.

Baca Juga: 7 Cara Belajar Motor Kopling Bagi Pemula, Yuk Ikuti Langkahnya!

Kalau pun terpaksa menggunakan pengisian daya di motor, pastikan pengendara menggunakan perangkat kabel yang berkualitas. Hal ini bertujuan menghindari terjadinya permasalahan seperti meleleh atau bahkan korsleting.

Lalu, pastikan juga ponsel dalam keadaan mati saat diisi daya. Karena pengisian daya dengan kondisi ponsel menyala dapat mengakibatkan panas berlebih pada ponsel. Pastikan juga mesin motor dalam kondisi menyala untuk menghindari aki tekor.

Sumber: Tempo.co

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT