Sukabumi Update

Cara yang Benar Memanaskan Mesin Motor

Motor matic | Foto : Pinterest

SUKABUMIUPDATE.com - Memanaskan mesin kendaraan biasnya di lakukan para pengendara di pagi hari sebelum melakukan aktivitasnya. Pemanasan motor sebentar membantu mencapai suhu yang optimal sebelum memulai perjalan.

Mesin motor ternyata butuh dipanaskan untuk mendapatkan sirkulasi oli atau pelumas untuk nantinya dipakai untuk waktu yang lebih lama.

Jika mesin motor sudah berhenti dalam waktu yang lama maka udara dan juga bahan bakar akan bercampur hingga itu semua dapat kita atasi dengan memanaskan mesin motor yang benar

Bagaimana sih cara memanaskan mesin motor dengan benar? Yuk simak tips dalam memanaskan mesin motor.

1. Tips pertama, perhatikan durasi waktu.
Dalam waktu memanaskan mesin, kamu hanya memerlukan waktu cukup 2 sampai 5 menit saja. Sedangkan untuk motor matic kamu hanya memerlukan waktu 30 detik dan waktu maksimal nya 10 menitan. Jangan sampai lebih dari waktu itu.

Baca Juga: Belum Punya SIM A? Inilah Persyaratan hingga Tarif Pembuatannya

2. Tips kedua, tidak perlu di gas.
Saat memanaskan mesin kamu tidak perlu di gas karena cukup dengan mesin menyala dengan kondisi yang stasioner itu sudah cukup untuk memberikan sirkulasi bagi oli.

3. Tips ketiga, suhu mesin sudah cukup.
Dengan durasi yang sudah di tentukan tadi, maka suhu mesin sudah cukup untuk bekerja. dan kamu sudah bisa menggunakan motor dengan aman.

4. Tips keempat, sirkulasi oil sudah cukup.
Karena tadi sudah melakukan memanaskan mesin motor, maka oli akan bersirkulasi untuk melumasi berbagai bagian dari mesin motor.

Dengan cara memanaskan mesin motor tadi ini menjadi hal penting untuk menjaga mesin motor agar tidak mudah rusak.

Sumber : suzuki.co.id

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT