Sukabumi Update

Inilah 6 Penyebab Mengapa Motor Mendadak Mati, Pernah Mengalaminya?

Ilustrasi - Motor yang mendadak mati saat di perjalanan tentu bisa membuat panik dan juga ada banyak faktor yang bisa menyebabkan motor mogok. | (Sumber : Freepik.com/@katemangostar)

SUKABUMIUPDATE.com - Motor mendadak mati adalah kondisi dimana motor berhenti beroperasi secara tiba-tiba saat sedang digunakan. Hal ini bisa terjadi saat motor sedang berjalan, berhenti di lampu merah, atau bahkan saat baru dinyalakan.

Motor yang mendadak mati saat di perjalanan tentu bisa membuat panik. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan motor mogok, beberapa di antaranya adalah:

1. Habis Bensin

Penyebab paling umum motor mendadak mati adalah karena bensin habis. Pastikan kamu selalu mengecek indikator bensin dan mengisi ulang sebelum tangki hampir kosong.

Baca Juga: Harus Cermat! Simak Langkah-langkah Sebelum Membeli Ban Motor Baru

2. Pompa Bahan Bakar Tidak Berfungsi

Pompa bahan bakar yang bermasalah dapat menyebabkan aliran bensin ke mesin terhambat atau bahkan terhenti. Hal ini bisa terjadi karena kerusakan pada pompa itu sendiri, filter bensin yang kotor, atau masalah pada kelistrikan.

Jika pompa tidak bekerja maka proses pembakaran pada ruang bakar mesin tidak berlangsung, sehingga mesin tidak dapat bekerja.

3. Injector Tersumbat

Pada motor injeksi, injector yang tersumbat dapat menyebabkan bahan bakar tidak dapat disemprotkan ke ruang bakar dengan baik. Hal ini bisa terjadi karena kotoran atau kerak yang menumpuk di injector.

Baca Juga: Cara Mengatasi Motor Boros Bensin dan Penyebabnya, Pengendara Wajib Tahu!

Beroperasi untuk menginjeksikan bahan bakar ke dalam ruang bakar sesuai dengan kondisi dan kebutuhan mesin. Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan ditentukan oleh ECU. Terkadang, injector kendaraan tersumbat karena benda asing yang terbawa oleh bahan bakar.

4. Busi Kotor

Busi adalah komponen yang fungsinya untuk menyalakan api pada saat kompresi sehingga dapat terjadi proses pembakaran dan piston dapat bergerak memutar crankshaft. Oleh karena itu, kondisi busi harus dijaga agar tetap sempurna. Busi harus diperiksa dan diganti secara berkala untuk mencegah kendaraan mogok karena tidak ada penyalaan di ruang bakar.

5. Filter Udara Kotor

Filter udara yang kotor dapat menghambat aliran udara ke mesin. Hal ini menyebabkan campuran udara dan bahan bakar menjadi tidak seimbang dan dapat menyebabkan motor mogok.

6. Aki Motor Soak

Jika aki soak dan tidak segera diganti, maka akan mempengaruhi pengoperasian pompa bahan bakar. Tegangan yang disuplai tidak maksimal sehingga dapat merusak pompa bahan bakar kendaraan jika dibiarkan terlalu lama.

Aki yang soak atau tekor tidak dapat menyediakan daya yang cukup untuk sistem pengapian dan starter motor. Hal ini menyebabkan motor tidak dapat dihidupkan.

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT