Sukabumi Update

Kamu Pakai Helm Doff? Coba Deh Tips Perawatan Mudah Ini

SUKABUMIUPDATE.com - Sepeda motor dengan warna doff saat ini memang semakin diminati para pengguna kendaraan roda dua. Alhasil, kini penggunaan cat serupa juga mulai merambah ke helm. Tetapi perlu diketahui sejumlah tips yang bisa kamu coba saat akan membersihkan pelindung kepala tersebut. Termasuk bagi kamu warga Sukabumi.

Pasalnya, helm dengan cat doff ternyata lebih mudah kotor dibanding dengan finishing glossy. Oleh karena itu, beberapa pihak menyebut bahwa helm jenis ini memerlukan perawatan khusus. Sebab jika tidak, maka permukaan helm tersebut akan terlihat kotor dan tidak enak dipandang. Namun benarkah demikian?

Technical Director NHK Indonesia, Johanes Cokrodiharjo mengungkapkan bahwa perawatan untuk helm doff sebenarnya sama saja dengan perawatan untuk helm yang lain.

"Model doff sebenarnya perawatan yang dilakukan sama saja. Karena membersihkannya cukup pakai busa halus dan sedikit sabun," kata Johanes dilansir dari suara.com, Senin, 8 Februari 2021.

Tetapi, Johanes mengatakan bahwa jika ingin aman dalam merawat helm doff, maka cobalah menggunakan sabun bayi yang memang memiliki potensial hidrogen atau pH 0. Sehingga ia tidak banyak mengeluarkan busa, namun cukup ampuh untuk membersihkan bercak-bercak yang ada pada helm.

Sementara untuk helm jenis cat glossy perawatannya juga sama. Hanya saja ketika perawatan terakhir dapat menggunakan sanpoly untuk membuat mengkilap.

"Cukup oles tipis saja pakai tangan kemudian gunakan lap halus. Jangan dibersihkan kai mesin poles mobil. Nanti pernis dan catnya malah hilang," ungkap Johanes.

Tips terakhir yang bisa dilakukan adalah hindarkan helm doff tersebut dari cairan atau bahan berbahaya, seperti bensin, thinner, dan bahan keras lainnya.

Pasalnya, sejumlah cairan tersebut bisa merusak warna, mengelupas cat, atau bahkan membuat permukaan helm menjadi lebih lunak.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI