Sukabumi Update

Emak-emak Sering Beri Lampu Sein Kiri tapi Belok Kanan? Ini Jawabannya

SUKABUMIUPDATE.com - Ada hal unik namun membahayakan soal kebiasaan emak-emak yang banyak disebut suka salah menyalakan lampu sein sepeda motornya ketika akan berbelok. Fenomena ini pun tak jarang menjadi buah bibir di sesama pengguna jalan.

Mengendarai sepeda motor, terutama jenis matik, memang cukup mudah. Pengendara tinggal memutar gas dan motor akan mulai berjalan. Konon katanya, keberadaan sepeda motor matik membuat populasi pengendara wanita meningkat.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa salah satu masalah yang kerap terjadi di kalangan pengendara perempuan ini adalah kesalahan dalam memberi kode lampu sein. Meski terlihat sepele, tapi ini dapat membingungkan pengguna jalan lain yang berada di depan atau belakangnya.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting atau JDDC Jusri Pulubuhu mengungkapkan bahwa kesalahan dalam penerapan sein saat akan belok dapat terjadi karena kurang fokus.

"Itu karena tidak fokus. Tidak fokus ini juga misalkan salah fokus, karena wanita takut dengan bahaya, sehingga lupa. Lampu sein ke kanan tapi jalannya lurus, atau belok ke kiri," kata Jusri dikutip dari Kompas, Sabtu, 27 Februari 2021.

Kekurangan fokus ini sebenarnya tidak hanya terjadi pada penerapan lampu sein. Kurang fokus di jalanan juga bisa menyebabkan gaya berkendara jadi sembarangan. Misal, pengendara malah melaju pelan di jalur yang cepat, atau sebaliknya.

"Ada yang bilang tidak fokus itu karena tidak konsentrasi, padahal konsentrasi itu mutlak di jalan harus konsentrasi penuh," tambahnya.

Sementara itu, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani menjelaskan bahwa ada sejumlah kesalahan yang kerap dilakukan pengendara perempuan terkait penggunaan lampu sein. Tidak sedikit pengendara wanita yang langsung memilih terjun ke jalan raya padahal mereka belum terlalu mahir mengendarai sepeda motor.

"Wanita biasanya belum memahami karakter motornya terlebih dahulu, seperti fungsi rem, gas, dan komponen lain seperti sein. Karena itu sering ditemui di jalan yang ingin belok kiri tetapi yang dinyalakan lampu sein kanan," ucapnya.

Kebingungan soal sein juga kerap terjadi karena lupa mematikan lampu sein itu sendiri. Tidak sedikit pengendara perempuan yang lupa mematikan lampu isyarat saat selesai berbelok atau berganti arah. Sehingga membuat bingung pengendara lain.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI