Sukabumi Update

Bahaya Ganti Oli Mesin Motor Disemprot Pakai Kompresor

SUKABUMIUPDATE.com - Ganti oli secara rutin merupakan kewajiban pemilik sepeda motor agar mesin awet dan performanya terjaga. Namun ada bahaya yang jarang diketahui ketika kamu membersihkan komponen menggunakan kompresor saat pergantian minyak pelumas itu dilakukan.

Ketika ganti oli atau membersihkan komponen, tak jarang para mekanik menyemprotkan angin dari kompresor. Bahkan banyak mekanik yang menyemprot ke dalam mesin sebelum oli yang baru dituangkan.

Tujuan dari menyemprot angin menggunakan kompresor ini adalah agar sisa-sisa oli yang lama bisa keluar semua.

Tapi ternyata hal itu salah kaprah dan dapat berbahaya untuk mesin motor. Sebab, angin yang dihasilkan dari kompresor mengandung air sehingga sangat berbahaya untuk komponen yang ada di dalam mesin.

photoIlustrasi sepeda motor tengah melaju di jalanan - (Pixabay)

Dikutip dari laman Federal Oil, Sabtu, 12 Maret 2021, jika air yang masuk melalui angin kompresor tersebut mengendap di dalam mesin kemudian masuk ke dalam ruang bakar, maka akibatnya bisa mengganggu kinerja pelumasan oli pada mesin.

Jika ada air yang masuk di dalam mesin, oli tidak dapat bekerja secara maksimal, sehingga beberapa komponen di dalam mesin rentan mengalami gesekan dan jika dibiarkan terus menerus, mesin akan cepat rusak.

Selain karena penggunaan angin kompresor, penggunaan oli yang tidak tepat juga bisa menyebabkan mesin motor cepat rusak.

Maka kamu harus selektif dalam memilih oli mesin untuk motor. Gunakan oli yang sesuai dengan standar yang telah ditentukan oleh pabrikan.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI