Sukabumi Update

Tips Hindari Blind Spot Mobil bagi Pemotor, Jangan Pakai Headset

SUKABUMIUPDATE.com - Terkadang pengendara motor saat menyalip mobil atau motor lain tidak menyadari bahaya blind spot yang mengancam. Area ini berada pada kendaraan berdimensi lebih besar dari sepeda motor itu sendiri.

Dikutip dari berbagai sumber, blind spot adalah titik buta pada mobil yang tidak bisa dijangkau oleh mata pengendaranya melalui spion standar. Semakin besar suatu kendaraan, maka titik buta saat berkendaranya semakin luas.

Ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menghindari blind spot. Pertama, Anda perlu memahami dan mengetahui area blind spot kendaraan sendiri dan kendaraan lain dengan mengikuti pelatihan safety riding. Saat ingin mengubah arah atau lajur kendaraan, pastikan area blind spot secara visual dengan melihat ke kanan dan ke kiri. 

Anda juga dapat memasang spion tambahan untuk menjangkau area blind spot lain. Hindari mendengarkan musik dengan headset saat berkendara dan penggunaan knalpot tidak standar karena berpotensi menurunkan konsentrasi dan kewaspadaan.

Jika masuk ke area blind spot, segera bunyikan klakson atau nyalakan lampu untuk memberi tanda ke pengendara lain. Setelah itu, segera keluar dari area blind spot tersebut. Jangan lupa selalu mencari posisi di area luar blind spot agar terlihat oleh kendaraan lain.

Terakhir, selalu jaga jarak aman dengan kendaraan lain. Untuk menghindari bahaya blind spot, gunakan juga perlengkapan berkendara yang terlihat agar tidak mudah diabaikan pengendara lain.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI