Sukabumi Update

Melihat Perbedaan Helm Pembalap MotoGP dengan Formula 1

SUKABUMIUPDATE.com - Pembalap MotoGP dapat memacu motornya hingga kecepatan 300 KM/Jam bahkan lebih. Maka dari itu, butuh perlindungan yang menjamin keselamatan riders saat dilintasan. Dalam hal ini, helm merupakan salah satu alat keamanan para pembalap itu.

Sejatinya helm tak hanya digunakan pembalap motor saja, karena pembalap mobil seperti Formula 1 atau F1 juga memakainya. Namun pernahkah kalian melihat dengan saksama jika helm MotoGP dan F1 ternyata terdapat perbedaan.

Dilansir dari Suara.com, meski sama-sama melindungi kepala, namun terdapat perbedaan dari sisi bentuk antara helm MotoGP dan F1.

Dilansir dari Bikesrepublic, perbedaan yang pertama tampak dari bentuk secara keseluruhan. Helm F1 lebih cenderung berbentuk melingkar. Berbeda dengan helm MotoGP yang memiliki bentuk agak meruncing karena mengejar aerodinamika.

photoHelm pembalap F1 Lewis Hamilton. (Instagram@lewishamilton).

Helm MotoGP memang wajib dibuat dengan bentuk aerodinamika karena untuk mengejar kecepatan saat berada di atas motor. Berbeda dengan F1 yang helmnya tidak mengejar aerodinamika.

Perbedaan kedua yakni pada bagian visor. Helm pembalap F1 terlihat sedikit kecil dibandingkan dengan helm pembalap MotoGP.

Rupanya, sebagian bidang visor pada helm F1 itu memang sengaja ditutup. Berdasarkan keterangan dari laman resmi FI, penutup dengan lebar 50 mm tersebut bernama strip Zylon yang berfungsi untuk menambah tingkat keamanan dari benturan.

Nah, ada yang berbeda lagi nih. Ternyata helm F1 dibekali fitur HANS atau Head and Neck Support yang digunakan untuk menahan guncangan pada kepala.

Fungsi fitur ini selain untuk keamanan, juga ditujukan untuk kenyamanan si pembalap.

Terlepas soal perbedaan keduanya, sebenarnya ada sejumlah fitur yang serupa, misalnya keberadaan ventilasi udara, antifog dan pelindung gores pada visor, serta sistem keamanan yang bisa melindungi pengguna dari kemungkinan cedera.

Ada lagi persamaan yakni kedua helm dibekali dengan fitur anti-api. Jadi ketika terjadi kecelakaan, kedua helm tersebut tidak menimbulkan percikan api yang dahsyat.

Sudah pada tahu kan perbedaannya?

Sumber: SUARA.COM

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI