Sukabumi Update

5 Motor yang Dipakai Jokowi saat Bertugas, Salah Satunya di Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Joko Widodo dikenal sebagai salah satu presiden yang sering menggunakan sepeda motor dalam kegiatannya, termasuk di Sukabumi. Terbaru, Jokowi mengendarai motor kustom Kawasaki W175 berwarna hijau dengan kelir putih saat meresmikan Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Jumat, 12 November 2021.

photoPresiden Jokowi mengendarai motor saat mencoba lintasan Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat, 12 November 2021. - (Agus Suparto - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Di dunia otomotif, nama Jokowi bukan hanya sebagai orang nomor satu di Indonesia. Namun, ia juga dikenal sebagai kolektor kuda besi dengan ragam yang unik dan berbeda dari yang lain. Salah satunya Royal Enfield Bullet 350 cc Chopper, motor yang dipakai Jokowi dalam kunjungannya ke Sukabumi pada April 2018 silam.

Kala itu, Jokowi berkunjung ke Sukabumi bersama sejumlah menteri dan komunitas motor kustom. Rombongan ini berkendara dan menjajal aspal Sukabumi hingga wilayah Palabuhanratu. Peristiwa unik terjadi dalam touring ini saat seorang pemuda bertelanjang dada dan bercelana pendek berupaya mengejar Jokowi yang tengah melaju. 

Berikut telah dirangkum beberapa motor yang pernah digunakan Jokowi dalam kegiatannya.

1. Kawasaki W175 Chopper Bobber

photoKawasaki W175 Chopper Bobber. - (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Motor yang dibeli Jokowi pada Agustus 2018 ini kemudian diserahkan ke Katros Garage untuk dimodifikasi menjadi aliran bobber berpadu dengan chopper. Uniknya, beberapa detail dibuat khusus untuk Presiden Jokowi seperti plat emboss bertuliskan Jokowi yang disematkan pada tangki.

2. Royal Enfield Bullet 350 cc Chopper

Presiden Joko Widodo membeli motor kustom bergaya chopper land garapan Elders Garage dan Kick Ass Chopper. Motor tersebut mengusung konsep motor harian dengan frame yang disesuaikan untuk postur tubuh orang Asia. Motor yang dikendarai dalam kunjungan kerjanya ke Sukabumi ini menggunakan mesin Royal Enfield Bullet 350 yang diproduksi pada 2016. 

3. Kawasaki KLX 150 BF SE

photoKawasaki KLX 150 BF SE (sebelum pandemi Covid-19). - (gilamotor.com)

Jokowi beberapa kali diketahui mengendarai motor jenis trail saat melakukan kunjungan kerja. Salah satunya ketika mendatangi tambak di Muara Gembong, Bekasi, pada November 2018 lalu. Ia terlihat mengendarai motor trail Kawasaki KLX 150 BF SE karena akses jalan yang cukup jauh untuk kendaraan roda empat. 

4. Yamaha FZ1

photoYamaha FZ1 (sebelum pandemi Covid-19). - (Istimewa)

Saat pembukaan Asian Games 2018, Jokowi tampil menunggangi motor Yamaha FZ1. Kendaraan ini diproduksi sejak 2001 hingga 2015 dengan harga Rp 150 juta. Kini, motor tersebut sudah tidak diproduksi lagi oleh Yamaha. Motor ini merupakan kendaraan roda dua yang biasa digunakan pasukan pengamanan presiden atau Paspampres sejak 2010. 

5. Wim Motor Tipe Zero 8i

photoWim Motor Tipe Zero 8i (sebelum pandemi Covid-19). - (otomania.gridoto.com)

Ketika berkunjung ke wilayah Agats, Kabupaten Asmat, Papua, pada April 2018, Jokowi memilih mengendarai sepeda motor listrik. Sepeda motor listrik yang ditunggangi Jokowi saat itu merupakan produk Wim Motor dengan tipe Zero 8i. Motor ini memiliki kapasitas 1.000 Watt dan mampu dipacu hingga kecepatan 50-80 kilometer per jam.

SUMBER: TEMPO

KONTRIBUTOR: AURA ALYA KAUTSAR

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI