Sukabumi Update

Merawat Mobil Tanpa Harus ke Bengkel, Ini yang Harus Diperiksa

SUKABUMIUPDATE.com - Merawat mobil merupakan hal wajib yang harus dilakukan agar kendaraan tetap awet, nyaman saat digunakan dan setiap komponen bisa bekerja dengan baik.

Dengan melakukan perawatan, kamu juga akan mengetahui adanya komponen yang harus diganti. Merawat mobil memang akan lebih baik apabila dilakukan oleh ahlinya di bengkel. Namun, ada juga perawatan kendaraan yang dapat dilakukan tanpa pergi ke bengkel.

Jenis perawatan apa saja yang bisa dilakukan di rumah? berikut daftarnya:

1. Periksa Volume Oli

Untuk mengecek volume oli pada mesin, pemilik kendaraan bisa menggunakan stik pengukur volume oli atau dipstick yang ada pada bagian mesin. Dengan menggunakan stik pengukur volume oli, kamu dapat mengetahui ketinggian oli yang ada di dalam mesin.

Pemeriksaan ini perlu dilakukan untuk memastikan volume oli sesuai dengan pabrikan, tidak kurang atau lebih.

Oli yang terlalu banyak dapat menimbulkan gelembung udara yang berimbas pada kinerja oli dalam melumasi dan dapat mengurangi kerja pompa oli dalam menyebarkan pelumas.

Akan lebih fatal apabila mesin mengalami kekurangan oli. Hal tersebut dapat menyebabkan mesin mengeluarkan suara yang sangat kasar, karena muncul gesekan akibat pelumas yang tidak tersebar secara menyeluruh.

Selain memeriksa volume oli, kamu juga dapat melihat kondisi oli. Tanda oli harus sudah diganti yaitu mesin mobil mulai terasa kasar dan warna oli sudah encer dan menghitam.

2. Cek Volume Minyak Rem

Untuk meyakinkan kinerja sistem pengereman pada mobil tetap optimal, sebaiknya pastikan volume minyak rem ada pada batas maksimum.

Apabila minyak rem ada di bawah batas rendah atau berkurang, sebaiknya tambah minyak rem agar berada pada batas maksimum. Kalau kamu mau mengganti minyak rem sebaiknya dilakukan setiap 20.000 kilometer.

3. Periksa Air Radiator

Pengecekkan terhadap cairan radiator merupakan salah satu cara yang penting dalam merawat mobil. Kamu pasti tahu kalau komponen radiator menjadi perangkat yang sangat vital pada kendaraan beroda empat.

Apabila kondisi air radiator tidak terpantau yang terjadi adalah panas mesin di atas normal atau overheat. Keadaan itu yang menyebabkan mesin rusak.

Maka dari itu, pemeriksaan terhadap air radiator perlu dilakukan agar kinerjanya tetap prima dalam mendinginkan mesin.

Kamu bisa melakukan pemeriksaan ketinggian air radiator pada tangki reservoir atau cadangan, apabila cairan kurang kamu bisa menambahkannya hingga sesuai dengan batas maksimum pada kendaraanmu.

Pastikan pemeriksaan ini dilakukan pada tempat yang datar atau rata.

4. Periksa Air Wiper

Walaupun terkesan sepele, namun ketersediaan air pada tabung reservoir wiper ini sangat penting apalagi di musim hujan seperti sekarang ini. Air hujan dapat menyebabkan kaca kendaraan menjadi lebih kotor dari biasanya, sehingga membutuhkan wiper untuk membantu membersihkan.

5. Periksa Kondisi Ban

Memeriksa kondisi fisik ban, tekanan angin dan alur ban begitu penting sebab kondisi ban berpengaruh terhadap stabilitas kendaraan apalagi ketika digunakan untuk melewati jalan yang kondisinya basah dan licin.

Apabila ban sudah jelek maka segera ganti. Jangan memaksakan menggunakan ban yang sudah tidak layak pakai apalagi harus melindas jalanan basah.

6. Panaskan Mesin

Meski dianggap sepele, memanaskan mesin untuk mobil yang jarang digunakan merupakan salah satu hal penting dalam poin merawat mobil. Memanaskan mesin mobil bertujuan agar kondisi mesin dalam keadaan baik terutama pada area kelistrikan.

7. Bersihkan Kabin

Merawat mobil tak hanya dilakukan pada sektor eksterior saja, tapi sektor interior juga perlu perawatan salah satunya bagian kabin. Dengan kabin yang bersih, kendaraanmu akan terhindar dari bakteri dan mencegah bau tidak sedap.

Untuk yang satu ini kamu dapat menggunakan produk pembersih bakteri khusus kabin mobil.

8. Rutin Periksa Kabel dan Lampu

Demi kenyamanan dan terhindar dari masalah diperjalanan, rajinlah memeriksa kondisi lampu dan kabel. Dengan cara itu kamu dapat menemukan apakah ada lampu yang redup dan kabel yang kendur bahkan putus.

Bila kamu menemukan kerusakan tersebut, segera ganti dengan spare part yang direkomendasikan oleh pabrik.

9. Cuci Mobil

Kamu bisa mencuci mobil kamu minimal seminggu satu kali. Mencuci mobil bertujuan agar body mobil tetap mengkilap dan bersih dari noda, terutama mobil dengan warna putih.

Gunakan sabun khusus pencuci mobil serta gunakan lap yang lembut agar tidak merusak cat. Mencuci kendaraan merupakan cara paling sederhana merawat mobil yang tentunya dapat dilakukan di rumah.

10. Pakai Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Menggunakan BBM beroktan tinggi merupakan salah satu cara agar mesin kendaraan tetap awet. Dalam hal ini, BBM beroktan tinggi membuat proses pembakaran lebih sempurna Selain itu, usahakan mengisi BBM di SPBU karena lebih terjamin kebersihannya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI