Sukabumi Update

Rem Motor Keluarkan Bunyi Berdecit? Ini Cara Mengatasinya

SUKABUMIUPDATE.com - Rem motor menjadi alat utama yang menunjang keselamatan saat berkendara. Komponen ini berfungsi memperlambat dan menghentikan laju kendaraan.

Rem harus selalu dirawat untuk memastikan komponen tersebut dapat berfungsi dengan baik sehingga mampu menjalankan perannya dalam menunjang keselamatan berkendara.

Tapi, terkadang rem juga dapat mengalami masalah, salah satunya seperti rem yang mengeluarkan suara mendecit saat dilakukan pengereman.

Baca Juga :

Meskipun kondisi ini tidak terlalu mempengaruhi kemampuan pengereman. Namun, hal tersebut dapat menjadi indikasi jika rem kurang prima.

Ada beberapa penyebab dan cara mengatasi rem berdecit. Dikutip dari Suara.com, berikut cara mengatasi rem yang mengeluarkan bunyi berdecit.

photo(Ilustrasi) Kampas rem - (via boston.com)</span

1. Periksa Kondisi Cakram Rem

Salah satu alasan timbulnya bunyi berdecit saat melakukan pengereman yaitu masalah pada cakram rem motor. Jika ini terjadi, sebaiknya periksa permukaan cakram apakah masih rata atau tidak.

Jika cakram sudah tidak rata, bisa jadi penyebab bunyi berdecit. Jika dibiarkan kondisi ini cukup berbahaya karena semakin tidak rata maka semakin berpotensi rem akan bermasalah.

Segera periksakan ke bengkel agar bisa mendapat penanganan yang lebih tepat dari ahlinya.

2. Kondisi Kampas Rem Aus

Suara berdecit bisa pula disebabkan karena kampas rem yang sudah mulai menipis.

Hal ini bisa dirasakan dengan genggaman rem yang sudah tidak sekuat sebelumnya. Jadi, fungsi rem sudah mulai menurun dan yang terdengar hanya suara decitan.

Perlu sering-sering memeriksa kondisi kampas rem motor. Jika sudah tidak layak, langsung bawa ke bengkel untuk diganti.

3. Kampas Rem yang Kotor

Selain kampas rem yang mulai menipis, kotoran atau debu yang menempel pada cakram atau masuk ke dalam kampas, bisa jadi penyebab munculnya suara berdecit.

Kotoran dan debu jika tidak segera dibersihkan akan jadi kerak, sehingga akan muncul bunyi ketika kampas rem terkena kerak yang ada di cakram itu tadi. Rajin-rajin cuci sebersih mungkin.

4. Kampas Rem Terkena Air

Kondisi ini wajar terjadi. Air akan membersihkan kotoran yang ada di cakram, sehingga cakram jadi keset atau kering.

Ketika cakram keset dan terkena kampas, suara berdecit akan muncul akibat kondisi ekstra kering di permukaan rem . Ini sebetulnya bisa hilang dengan sendirinya. Tidak perlu khawatir jika suara berdecit diakibatkan suara air.

Sumber: Suara.com

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI