Sukabumi Update

Bukan Hanya Pelengkap, Ini Fungsi dan Tips Merawat Knalpot Motor Anda

SUKABUMIUPDATE.com - Knalpot adalah salah satu bagian penting dari sepeda motor. Bukan sekedar pelengkap ataupun aksesoris kendaraan, knalpot motor memiliki fungsi yang banyak dan krusial.

Mengutip dari suara.com, pengetahuan cara merawat knalpot sangatlah penting diketahui para pemilik roda dua.

Berikut cara-cara merawat knalpot motor:

1. Melumasi lubang silencer dan leher knalpot dengan oli

Melumasi oli secukupnya pada lubang silencer dan leher knalpot bermanfaat untuk menghindari kebocoran pada area silencer yang diakibatkan oleh karat dan kemudian bisa menjaga agar suara knalpot tidak berisik.

2. Membersihkan leher knalpot

Membersihkan leher knalpot bisa dilakukan dengan cara mengoleskan oli pada leher knalpot lalu nyalakan motor hingga oli panas dan meresap.

3. Rutin cek kondisi knalpot

Langkah ini penting dilakukan untuk mengetahui apakah terjadi kebocoran atau tidak. Juga pastikan baut pada knalpot tidak kendor.

4. Membersihkan knalpot

Membersihkan knalpot yang terkena air hujan juga penting untuk mencegah terjadi karat, karena air hujan yang mengandung asam dapat membuat knalpot berbahan besi berkarat.

Fungsi Knalpot Motor

photo(Ilustrasi) Knalpot Motor. - (shutterstock.com)</span

1. Mengurangi suara bising dari ruang bakar. Proses pembakaran sendiri menghasilkan suara ledakan yang oleh knalpot diredam.

2. Menurunkan tekanan gas buang. Hasil pembakaran menghasilkan tekanan yang harus dibuang, semakin minim hambatan pada knalpot maka aliran gas buang akan semakin baik sehingga tenaga akan optimal, karena tidak ada gas buang yang ikut terbakar kembali.

3. Melepaskan panas yang dihasilkan mesin dari proses pembakaran. 

4. Mengurasi kadar emisi gas buang berbahaya. Karenanya knalpot biasanya dilengkapi dengan ruang atau chamber gas buang yang dilengkapi catalytic converter, yang mengonversi emisi menjadi gas yang ramah lingkungan.

Sumber: suara.com

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI