Sukabumi Update

Sebelum Membeli Helm, Kenali Dulu Tipe dan Plus Minusnya Berikut Ini

SUKABUMIUPDATE.com - Helm menjadi salah satu alat utama keselamatan saat mengendarai sepeda motor. Karena itu, memilih helm yang tepat menjadi penting agar dapat memberikan perlindungan yang baik jika terjadi kecelakaan.

Melansir dari mobimoto.com (jaringan suara.com), secara garis besar helm terbagi dalam lima tipe yang masing-masing mempunyai sisi plus dan minusnya.

Sebagai pengguna motor sebaiknya kamu mengenali tiap tipe helm berikut ini.

Baca Juga :

1. Half Face

photoHelm Half Face. - ( Sebagai ilustrasi [Shutterstock])</span

Pelindung kepala jenis ini paling banyak digunakan di tanah air. Salah satu sebabnya adalah helm tersebut praktis dan harganya relatif terjangkau. Kendati demikian salah satu kelemahan terbesar pada jenis helm ini adalah absennya pelindung dagu yang membuat muka rentan terluka saat terjadi hal yang tak diinginkan.

2. Full Face

photo(Ilustrasi) Helm pengendara sepeda motor - (Unplash Vander Films)</span

Helm ini cukup populer di kalangan pengguna motor sport. Selain desainya yang keren seperti helm pembalap, helm ini unggul dalam urusan perlindungan di mana kehadiran pelindung dagu membuat wajah penggunanya lebih aman.

Namun harga helm full face cenderung lebih mahal, serta kurang praktis khususnya bagi para pengguna kacamata. Helm ini juga sering jadi sasaran pencuri membuat pemiliknya kerap merasa was-was.

3. Modular

photo(Ilustrasi) Helm Modular - (Unplash.com Jusdevoyage)</span

Mengusung bentuk bak helm full face dipadu dengan kepraktisan helm half face membuat helm modular menjadi opsi aman bagi para pemotor.

Proteksi dagu dari helm ini masih kalah dari helm full face. Plus rata-rata helm ini lebih berat dari tipe helm lainnya.

4. Trail

photo(Ilustrasi) Helm motor - (Pixabay.com Shutter_Speed)</span

Helm jenis ini diperuntukkan bagi mereka yang gemar naik motor di medan berlumpur. Dipadu dengan goggles, helm ini bisa melindungi mata penggunanya dari lumpur.

Namun karena bagian muka yang terbuka, praktis kepala pengguna bakal basah saat kehujanan.

5. Dual Sport

photo(Ilustrasi) Helm dual sport - (via tmcblog.com)</span

Helm jenis ini merupakan salah satu yang paling multiguna dibanding tipe lainnya. Selain itu dia juga dibekali "atap" yang membuat penggunanya bebas dari rasa silau cahaya matahari.

Seperti helm full face, harga helm dual sport juga cenderung lebih mahal. Selain itu beberapa helm desainnya kurang aerodinamis sehingga penggunanya rawan tertampar udara saat berkendara.

SUMBER: MOBIMOTO.COM | SUARA.COM

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI