Sukabumi Update

Tetap Aman Berkendara Motor saat Puasa, Lakukan Tips Berikut

SUKABUMIUPDATE.com - Menjalankan aktivitas saat menjalankan ibadah puasa ramadan akan berbeda dari biasanya termasuk ketika mengharuskan kamu mengendarai sepeda motor.

Seperti kita tahu, mengendarai kendaraan memerlukan konsentrasi tinggi agar tetap aman saat dijalan.

Namun, saat sedang puasa tingkat konsentrasi rentan menurun karena perut kosong. Lalu apa yang harus dilakukan agar aktivitas berkendara tetap aman meski sedang berpuasa?

Kamu bisa melakukan beberapa tips berikut seperti dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga :

1. Pilih Rute yang Tepat

Sebelum mulai berkendara, sebaiknya rencanakan rute yang akan dilalui serta rute alternatif yang bisa dilewati.

Pilihlah rute dengan lalu lintas yang lancar dan bebas dari kemacetan untuk mengurangi kelelahan saat berkendara nantinya.

Terlebih jika kamu berkendara saat sore hari, dimana lalu lintas cenderung padat karena banyaknya orang beraktivitas berburu takjil dan pulang kerja.

2. Perhatikan Perlengkapan Berkendara

Pilihlah perlengkapan berkendara yang nyaman agar tubuh lebih rileks dan tidak mudah lelah. Selain itu tetap perhatikan keamanan perlengkapan yang kamu gunakan.

photo(Ilustrasi) Mengendarai sepeda motor - (Unplash.com Harley-Davidson)</span

3.Jaga Pola Hidup

Menjaga pola hidup juga harus kamu lakukan, hal ini agar tubuh kamu tetap dalam keadaan fit saat harus beraktivitas pada siang hari.

Kamu bisa mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi dan bila perlu konsumsi vitamin saat kamu sahur.

Perhatikan juga asupan cairan agar kamu terhindar dari dehidrasi.

4. Cukup Istirahat

Istirahat yang cukup agar tubuh tetap bugar saat beraktivitas. Kurang istirahat dapat menyebabkan kamu cepat lelah dan mengantuk dimana hal tersebut akan berbahaya jika terjadi saat kamu berkendara di jalan.

5. Jaga Emosi

Menjaga emosi juga sangat penting kamu lakukan saat sedang berkendara. Selain dapat membatalkan pahala puasa, emosi dijalan juga bisa mengakibatkan kerugian bagi kamu sendiri.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI