Sukabumi Update

4 Langkah Mudah Bersihkan Karburator Motor di Rumah

SUKABUMIUPDATE.com - Motor-motor keluaran terbaru kebanyakan sudah tidak lagi menggunakan karburator karena sudah menggunakan sistem injeksi.

Namun, untuk motor-motor lawas, karburator memiliki peran yang sangat penting sehingga perlu dirawat dengan baik.

Salah satu masalah yang sering dialami yaitu kotornya komponen karburator yang menyebabkan aliran bahan bakar tidak berjalan sempurna.

Untuk membersihkannya kamu tidak perlu pergi ke bengkel karena bisa dilakukan di rumah jika kamu memiliki peralatan yang diperlukan.

Baca Juga :

Melansir Suara.com, disini cara membersihkan karburator dengan sederhana tanpa perlu melepas komponen tersebut dari mesin.

berikut ini cara bersihkan karburator motor tanpa melepaskannya dari mesin utama dikutip dari laman Wild Triumph.

photo(Ilustrasi) Sistem motor yang masih menggunakan karburator, bukan injeksi. - (Unsplash)</span

1. Cuci Bersih Sepeda Motor

Sebelum kamu melanjutkan dengan pembersihan karbohidrat, penting untuk mencuci sepeda motor secara menyeluruh. Ini menghilangkan lumpur, pasir, dan residu aspal yang menempel di dekat mesin.

Tergantung pada bodi sepeda motor, yang terbaik adalah melepas sadel dan fairing untuk memastikan pembersihan yang efektif.

Baca Juga :

2. Lepaskan Saringan Udara

Cari filter udara yang biasanya berada di belakang atau di dalam kotak udara. Lepaskan dan bersihkan dengan pembersih filter atau udara bertekanan. Bersihkan area penyegelan untuk menghilangkan sisa pasir, kotoran atau minyak. Lepaskan koneksi atau selang apa pun. Agar kamu tidak lupa posisi berbagai komponen, kamu coba mengambil beberapa foto untuk mengingat posisi.

3. Bersihkan Jet Karburator

Untuk membersihkan karburator tanpa membongkarnya, kamu cukup menggunakan kompresor angin yang terkadang cukup jika penyumbatannya tidak parah. Dengan bantuan udara dan bahan bakar terkompresi, sebagian besar minyak dan residu bahan bakar dapat dihilangkan dari jet. Setelah selesai, bersihkan juga baki atas dan pelampung dengan hati-hati.

4. Bersihkan Membran Karburator

Di bawah karburator kamu akan menemukan membran tipis (diafragma) dengan pegas, pastikan kamu membersihkan area ini juga dengan bantuan udara bertekanan dan bahan bakar (bensin). Setelah itu, kamu dapat merakit kembali semuanya dan mengendarai sepeda motor kamu untuk uji coba.

Demikian informasi mengenai cara bersihkan karburator motor yang bisa kamu coba di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber: SUARA.COM/Ulil Azmi

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI