Sukabumi Update

Lampu Motor Mendadak Mati? Kenali 5 Penyebabnya

SUKABUMIUPDATE.com - Lampu motor memiliki fungsi sebagai penerangan jalan di saat berkendara malam atau saat hujan dan sebagai isyarat untuk pengendara jalan lainnya.

Ada beberapa lampu pada motor seperti lampu utama, lampu sein, lampu rem, lampu senja dan sebagainya.

Beberapa pemilik motor mungkin pernah mengalami lampu pada motor tidak menyala dan terkadang membuat bingung karena terjadi secara tiba-tiba.

Baca Juga :

Lalu apa saja sih penyebab lampu motor mati? Mengutip dari Suara.com, berikut beberapa hal yang menyebabkan lampu motor mati dilansir dari Astra Motor.

1. Soket Lampu Longgar

photoPenampakan lampu depan motor5 - (Greatbiker)</span

Soket lampu longgar atau copot bisa menjadi salah satu permasalahan selanjutnya. Untuk memperbaiki masalah ini, bisa dilakukan penyambungan kembali ke tempat semula.

Pastikan dalam menyambungkan harus tepat dan kuat karena soket terbuat dari bahan plastik yang cenderung lebih mudah mengalami pelonggaran dan lepas sewaktu-waktu.

2. Relay Rusak

photo(Ilustrasi) Relay pada motor. - (IST)</span

Relay pada motor berfungsi mirip dengan saklar listrik. Keberadaannya berguna untuk mengalirkan daya listrik dari sumbernya ke bagian-bagian motor yang membutuhkan aliran listrik.

Nah, lampu menjadi salah satu bagian yang tersambung dengan jalur relay ini. Jika lampu tiba-tiba mati, bisa jadi relay bermasalah.

Untuk itu, kamu bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu pada bagian ini dan membersihkannya. Biasanya, lampu motor yang mati karena masalah pada relay disebabkan oleh komponen yang kotor dan berkarat.

3. Kabel Terputus

photo(Ilustrasi) Kabel putus - (Pixabay sumanley)</span

Jika doyan dengan modifikasi motor, pasti ada saja masalah pada kabel motor. Lebih baik cek kembali semua kondisi komponen kelistrikan yang ada di kendaraan.

Pastikan semua kabel berada dalam kondisi baik dan terpasang semestinya. Sebab, sering kali orang-orang lupa memasang kembali beberapa kabel pada sepeda motornya setelah dimodifikasi.

Sebaiknya, cek kembali lokasi pemasangan serta kondisi kabel dan pastikan tidak ada yang putus.

4. Bohlam Lampu Putus

photo(Ilustrasi) Bohlam lampu motor - (iStock)</span

Meski jarang, namun bohlam lampu motor juga dapat bermasalah, lho.

Tak ada salahnya jika membongkar bagian lampu yang mati dan mengecek kondisinya bohlamnya.

Pada bagian ini, bohlam berfungsi sebagai pengubah daya listrik menjadi cahaya. Nah, bohlam lampu sendiri memiliki kapasitas tegangan listrik yang berbeda-beda saat diserap.

Setiap motor pun juga memiliki klasifikasinya tersendiri terhadap tegangan bohlam lampu yang disarankan. Jika bohlam menyerap tenaga yang terlalu besar atau sebaliknya, hal ini akan memicu terjadinya kinerja yang kurang optimal.

5. Masalah pada Aki Motor

photo(Ilustrasi) Aki motor - (Dede Imran)</span

Aki menjadi komponen terpenting dalam kelistrikan motor. Jika lampu mati, bisa jadi aki motor sudah mulai soak.

Oleh karena itu tetap pastikan kondisi aki motor agar tetap prima. Atau jika sudah waktunya diganti, sebaiknya segera diganti aki tersebut.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI