Sukabumi Update

7 Manfaat Mendengarkan Musik Reggae, Bisa Meredakan Stres

Ilustrasi. Manfaat Mendengarkan Musik Reggae ternyata cukup beragam dan bisa berguna untuk meredakan stres | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Ada banyak jenis musik yang populer saat ini salah satunya yakni musik Reggae. Menurut laman Musik Populer, reggae adalah suatu aliran musik yang pertama kali berasal dari Jamaika di akhir tahun 60an. Kini reggae pun disebut sebagai musik populer Jamaika.

Istilah reggae pun sudah ada sejak tahun 60an dan mengalami perkembangan pesat di tahun 70an. Lagu dari Toots and the Maytals berjudul Do the Reggae yang dirilis di tahun 1968 dianggap sebagai lagu reggae pertama yang mempopulerkan istilah penggunaan kata reggae yang kemudian menjadi nama genre musik ini.

Musik Reggae ditandai oleh irama yang santai, vokal yang menonjol, serta lirik yang sering berbicara tentang cinta, perdamaian, kesadaran sosial, dan perjuangan hidup.

Baca Juga: Stasiun Tua, Lagu Kenangan Country Jack Band Legend Sukabumi

Selain enak didengarkan hingga membuat tubuh ingin bergoyang, ternyata mendengarkan musik ini juga memiliki manfaat. Merangkum dari berbagai sumber, mendengarkan musik Reggae dapat memberikan berbagai manfaat bagi pendengarnya.

1. Menenangkan pikiran

Irama yang santai dan lagu-lagu Reggae yang berirama khas dapat membantu meredakan stres dan ketegangan dalam pikiran, membantu Anda merasa lebih tenang dan rileks.

2. Meningkatkan mood

Musik Reggae seringkali memiliki nada positif dan menyenangkan, yang dapat membantu meningkatkan mood dan mengangkat semangat.

Baca Juga: Tak Cuma Berisik, Ini 5 Manfaat Mendengarkan Musik Hardcore

3. Mengurangi kecemasan

Musik Reggae dengan lirik yang mendorong perdamaian, cinta, dan kesadaran sosial dapat membantu mengurangi rasa cemas dan membawa pesan yang penuh harapan.

4. Menginspirasi

Lirik dalam musik Reggae sering kali mengandung pesan tentang perubahan positif dan perjuangan untuk keadilan, yang dapat menginspirasi pendengarnya untuk melakukan perubahan positif dalam hidup mereka sendiri atau dalam masyarakat.

5. Meredakan depresi

Mendengarkan musik Reggae dengan pesan positif dapat membantu mengurangi gejala depresi dan membawa perasaan harapan.

Baca Juga: 21 Juni Hari Musik Sedunia, Inilah 20 Musisi Asal Sukabumi Solois Hingga Band Metal

6. Menyatukan orang-orang

Musik Reggae memiliki daya tarik universal dan dapat menyatukan orang-orang dari berbagai latar belakang, kebudayaan, dan agama.

7. Meningkatkan kesadaran sosial

Lirik dalam musik Reggae seringkali berbicara tentang isu-isu sosial dan politik, sehingga dapat membantu meningkatkan kesadaran sosial dan membuka pandangan terhadap masalah yang dihadapi dunia.

Selain manfaat-manfaat di atas, setiap orang mungkin mengalami reaksi yang berbeda ketika mendengarkan musik Reggae. Yang pasti, musik ini telah menjadi bagian dari kehidupan banyak orang di seluruh dunia dan memiliki pengaruh yang positif bagi banyak orang.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT