Sukabumi Update

7 Lagu Bertemakan Nasionalisme dari Musisi Indonesia, Cocok Untuk 17 Agustus

Berikut lagu-lagu bertemakan nasionalisme dari musisi Indonesia untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia | Foto: Instagram/@pwgofficial

SUKABUMIUPDATE.com - Lagu bertemakan nasionalisme sangat cocok diputar ketika memperingati hari kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus.

Banyak lagu-lagu yang menceritakan kebanggaan dengan Indonesia yang diciptakan oleh para musisi tanah air baik grup bang maupun musisi solo.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut deretan lagu bertemakan nasionalisme dari musisi Indonesia.

Baca Juga: 13 Ide Lomba Unik dan Menarik Untuk Menyambut 17 Agustus Hari Kemerdekaan RI

1. Jadilah Legenda - Superman Is Dead

Lagu Jadilah Legenda menjadi salah satu karya Superman Is Dead yang bertemakan nasionalisme. Lagu dari band asal Bali ini dirilis pada 2013 dan masuk ke dalam album bertajuk Sunset di Tanah Anarki.

Lagu yang pernah memperoleh AMI Award kategori Duo/Grup/Kolaborasi Rock terbaik disiptakan oleh sang drummer Jerinx.

2. Anak Garuda - Cokelat

Anak Garuda menjadi salah satu lagu bertema nasionalisme dari band cokelat. Lagu ini pertama kali dirilis pada 2017. Lagu ini juga sempat dinyanyikan kembali oleh Aiu Ratna. Lagu ini cocok diputar untuk memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: 9 Cara Mengatasi PTSD, Gangguan Mental yang Bisa Disebabkan Trauma Masa Kecil

3. Dari Mata Sang Garuda - Pee Wee Gaskins

Lagu Dari Mata Sang Garuda sempat menjadi trending dan selalu diputar saat perayaan hari kemerdekaan Indonesia.

Lagu yang dirilis tahun 2010 itu banyak disukai anak-anak muda mengingat lagu dari Pee Wee Gaskins itu bernuansa punk khas band tersebut.

4. Menjadi Indonesia - Efek Rumah Kaca

Lagu Menjadi Indonesia dirilis tahun 2008. Lagu ini mengajak pendengarnya untuk mengingat bahwa di masa lampau para pendiri bangsa memiliki visi dan cita-cita yang besar untuk masa depan Indonesia.

Baca Juga: Lapang Merdeka Sukabumi: Hotel Victoria dan Pidato Kemerdekaan Bung Karno

5. Garuda di Dadaku - Netral

Lagu Garuda di Dadaku dirilis pada 2019 dan menjadi soundtrack untuk film berjudul sama yang menceritakan tentang ambisi bocah yang ingin menjadi penyanyi.

Diketahui jika lagu ini terinspirasi dari lagu daerah asal Biak, Papua “Apuse”, maka tak heran nada lagu itu terdengar mirip. Namun, lagu Garuda di Dadaku memiliki nuansa berbeda khas band yang digawangi Bagus, Eno dan Choky itu.

6. Merah Putih - Saykoji

Lagu Merah Putih menjadi lagu bertemakan nasionalisme yang dirilis rapper Saykoji di tahun 2009. Lagu ini mengajak pendengarnya untuk mencintai bangsa dan negara meskipun masa itu sedang dilanda berbagai macam masalah.

Baca Juga: 8 Alasan Orang Introvert Suka Sendirian, Bisa Lebih Fokus!

7. Ayo! Indonesia Bisa - Ello feat. Sherina Munaf

Lagu 'Ayo! Indonesia Bisa' dinyanyikan oleh musisi Ello dan Sherina Munaf. Lagu ini menjadi soundtrack resmi ajang olahraga antar negara Asia Tenggara SEA Games di Jakarta dan Palembang.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT