Sukabumi Update

NewJeans Menangkan 3 Penghargaan di Korean Music Awards 2024, Termasuk Daesang

NewJeans berhasil memenangkan tiga penghargaan di penghargaan musik bergengsi Korean Music Awards 2024. | Foto: Instagram/@hipkr_

SUKABUMIUPDATE.com - Korean Music Awards 2024 telah sukses digelar pada 29 Februari 2024. Penghargaan bergengsi Korean Music Awards ke-21 ini dimulai pada 8PM KST di Prism Studio Gangnam.

NewJeans adalah salah satu yang berhasil menarik perhatian pada penghargaan musik populer Korea yang ke-21 tersebut. NewJeans berhasil memborong 3 penghargaan sekaligus dan salah satunya merupakan Daesang.

Girl Group yang beranggotakan Minji, Hanni, Danielle, Haerin, dan Hyein telah berhasil memenangkan penghargaan dalam kategori Song of The Year (Daesang) “Ditto”, Best KPop Song “Ditto”, dan Best KPop Album “Get Up”.

Pada penghargaan tahun lalu NewJeans juga membawa 3 penghargaan dengan kategori Rookie of The Year, Best KPop Song “Attention”, dan Best KPop Album dengan album debut mereka (New Jeans).

Baca Juga: Lirik Lagu ETA NewJeans, Kamu Berhak Mendapatkan yang Lebih Baik Dari Mereka

NewJeans menjadi group ke-5 dalam sejarah Korean Music Awards yang memenangkan kategori Song of The Year setelah Girl’s Generation “Gee” tahun 2010, BIGBANG “BAE BAE” tahun 2016, BTS “Fake Love” tahun 2019, BTS “Dynamite” tahun 2021 dan AESPA “Next Level” tahun 2022.

Dengan begitu, NewJeans menjadi group KPop generasi ke-4 yang memiliki Daesang terbanyak dengan 9 Daesang.

“Ditto” yang telah memenangkan dua kategori untuk New Jeans merupakan lagu terpopuler pada tahun 2023 yang menduduki puncak lagu tahunan. Mencetak rekor menjadi nomor 1 di tangga lagu harian selama 99 hari berturut-turut dan tangga lagu mingguan selama 14 minggu berturut-turut di situ Melon yang merupakan situs musik terbesar di Korea.

Untuk album “Get Up” sendiri yang rilis di bulan Juli 2023 lalu telah terjual 2 juta kopi yang membawa NewJeans dalam sejarah yang signifikan dan mencapai #1 Billboard 200 AS dengan waktu singkat yaitu hanya satu tahun sejak debut di antara group KPop lainnya.

Salah satu juri, Jo Hye Rim mengatakan “Ditto”, tak lama dari rilisnya, ini merupakan kelahiran lagu populer yang hidup dan indah yang mencakup semua generasi. Dan yang lainnya mengatakan tentang album “Get Up” yang merupakan hasil unik yang didasarkan pada minimalis dimana yang lainnya melakukannya dengan maksimalisme.

Pemenang di Korean Music Awards dinilai dan dipilih berdasarkan rekomendasi para juri, produser acara radio, akademisi, dan profesional lainnya di bidang musik.

Selain NewJeans, Band Silica Gel juga memenangkan 3 penghargaan dengan kategori Musician of The Year, Best Modern Rock Song “Tik Tak Tok (Feat. So!YoOn!)” dan Best Modern Rock Album “Machine Boy”.

Adapun di kategori umum lainnya, seperti Rookie of The Year dimenangkan oleh Kiss of Life dan Album of The Year dimenangkan oleh Beenzino “NOWITZKI”.

Penulis: Ullima Iffah Shandana

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT