Sukabumi Update

Berawal dari Puisi, Lagu Mawar Putih Untuk Bunda Tercipta

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah puisi dirangkai menjadi lantunan lagu nan merdu. Lagu itu berjudul "Mawar Putih Untuk Bunda". Asal mula lagi ini dari puisi dengan judul yang sama karya Ustadzah Mamay Sadiati M, istri pemilik Yaspi Al-Hasanah Cipancur, Kecamatan Takokak, Kabupaten Cianjur.

Lagu diaransemen ulang oleh Shogamnas Alhasanah, sebuah grup musik dari Yaspi Al-Hasanah. Lantunan suara indah siswi Yaspi Al-Hasanah, Aleya Giska Diani yang dipercaya untuk menyanyikan lagu ini.

Putra pemilik Yaspi Al-Hasanah, Izza Dickry Fauzan mengatakan puisi ini dibuat tahun 2010 lalu, lalu diaransemen dan dibuat video klip tahun ini. Tahun 2010 itu, ibundanya Ustadzah Mamay terinspirasi dari kisah pilu yang dialami salah satu siswi asal Jakarta bernama Yuni Kartika.

"Pada saat menjelang Ujian Akhir di kelas IX, anak tersebut harus kehilangan ayahnya, dan satu bulan kemudian ibunya juga wafat. Jadilah ia seorang yatim piatu," kata Izza kepada sukabumiupdate.com, Senin (4/1/2021). 

BACA JUGA: Lagu Ciptaan Seniman Jampang Tengah Sukabumi Akan Dibawakan di Depan Presiden RI

"Saat itu mau kenaikan kelas, tiba-tiba saya punya ide untuk menampilkan Yuni Kartika pada acara tersebut. Karena dialah satu-satunya anak yang punya kisah pilu saat itu. Saya pikir penampilannya akan menghipnotis penonton, terutama teman-teman dan keluarganya yang mengetahui nasib Yuni," lanjut Izza.

"Maka saya musikalisasikan puisi Mawar Putih Untuk Bunda ini khusus untuk dia. Alhamdulillah dengan nada dan aransemen yang saya ciptakan, yang tetap sampai sekarang, lagu ini akhirnya sangat populer di kalangan santri Al-Hasanah. Bahkan sampai sekarang, kurang lebih sudah 10 tahun berjalan setiap anak santri putra atau putri pasti suka dan ingin bisa dan akhirnya semua bisa lagu ini," katanya lagi.

Musikalisasi puisi ini bahkan sudah dibuat menjadi video klip yang mengambil lokasi di Pantai Pangumbahan Penangkaran Penyu, kawasan Villa Asabaland Ujung Genteng dan Pantai Pasir Putih Gunungbatu Ujung Genteng Kabupaten Sukabumi.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 3M (memakai masker, menJaga Jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI