Sukabumi Update

Pencarian Putra Ridwan Kamil di Swiss: Penyelaman Disesuaikan Situasi

SUKABUMIUPDATE.com - Pencarian terhadap putra sulung gubernur Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz terus dilakukan hingga Sabtu (28/5/2022). Emmeril atau yang biasa disapa Eril hilang terseret arus Sungai Aare, Swiss pada Kamis, 26 Mei 2022. 

“Hari ini tim SAR masih akan melanjutkan upaya pencarian Eril metode pencarian lebih intensif yaitu dengan perahu atau boat juga menggunakan drone untuk menyisir tepian Sungai Aare dan melakukan penyelaman,” ujar Duta Besar Republik Indonesia untuk Swiss, Muliaman Hadad dalam konferensi pers secara daring, Sabtu (28/5/2022).

Baca Juga :

Muliaman menyatakan, penyelaman disesuaikan dengan situasi, sebab apabila air keruh akan menyulitkan penyelam.

Muliaman menjelaskan, air di Sungai Aare keruh karena berbagai hal. “Karena bekas hujan, atau bekas salju. Karena sungai ini airnya dari adalah datang dari salju yang meleleh. Sehingga relatif dingin dan biasanya salju yang meleleh itu ada kristal-kristal yang kadang-kadang membuat warna air ini menjadi keruh dan sangat menyulitkan penyelam,” ujarnya.

Dia menyatakan di akhir sesi pencarian pada hari kedua, Jumat, 27 Mei 2022, dirinya menemani orang tua Eril, Ridwan Kamil dan Atalia Praratya untuk bertemu tim SAR yang bertugas. 

"Tim SAR menegaskan bahwa upaya pencarian Eril merupakan prioritas mereka. Mereka masih terus mengupayakan proses pencarian dengan berbagai metode," ujarnya.

Dalam upaya pencarian, Muliaman menyatakan tim SAR menggunakan berbagai model peralatan karena disesuaikan dengan situasi.

Menurut dia, pihaknya saat ini dalam koordinasi penuh dengan pihak kepolisian di Swiss. "Jika ada perkembangan [pencarian] kita bisa tahu real time karena pihak kepolisian [Swiss] membuka jalur real life dengan KBRI," ujarnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI