Sukabumi Update

Harapan Jokowi di Hari Anak Nasional 2022: Anak Harus Dilindungi dan Haknya Dipenuhi!

SUKABUMIUPDATE.com - Di momen perayaan Hari Anak Nasional 2022 ini, Presiden Jokowi menyampaikan harapannya untuk anak di seluruh Indonesia.

Dalam unggahan terbaru di akun instagram pribadinya, presiden Jokowi mengatakan semua kalangan harus melindungi dan memenuhi hak anak demi masa depan bangsa.

photoHari Anak Nasional 2022 - (Freepik)</span

"Setiap anak punya cita-cita dan impian masa depannya sendiri. Kita hanya perlu memastikan anak-anak Indonesia tetap terlindungi, terpenuhi hak-haknya, bergembira, tumbuh sebagai manusia yang berjiwa merdeka, dan menjadi bagian dari kemajuan bangsa," ungkap Jokowi melalui unggahannya dikutip suara.com, Sabtu (23/7/2022).

Baca Juga :

Sementara itu menurut Kementerian Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Indonesia (KPPAI), Hari Anak Nasional ini sebagai bentuk kepedulian bangsa kepada anak Indonesia agar bisa tumbuh serta berkembang secara optimal

Adapun sejarah perayaan hari anak nasional pertama kali dicetuskan oleh Kowani atau Kongres Wanita Indonesia, yaitu organisasi yang didirikan oleh kaum perempuan Indonesia yang berdiri pada tanggal 22 Desember 1928, tepatnya saat Kongres Perempuan Indonesia I.

Tahun 1953, dalam Sidang Kowani yang diselenggarakan di Bandung, perumusan Pekan Kanak-kanak Indonesia pun dilakukan lebih serius lagi.

Kowani mengusulkan agar ada kegiatan rutin yang dilaksanakan tiap pekan kedua di bulan Juli, tepatnya saat libur kenaikan kelas.

Usulan ini pun disetujui pemerintah, hingga akhirnya melalui Keppres (Keputusan Presiden) No. 44/1984 yang menetapkan bahwa peringatan Hari Anak Nasional dilakukan tiap tanggal 23 Juli.

Alasan dipilihnya tanggal 23 Juli karena pemilihan tanggal tersebut diselaraskan dengan pengesahan UU (Undang-Undang) mengenai Kesejahteraan Anak pada tanggal 23 Juli 1979.

Peringatan Hari Anak Nasional ini digelar mulai dari tingkat pusat sampai tingkat daerah untuk menjadikan Indonesia sebagai negara ramah anak.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI