Sukabumi Update

Viral Paskibra dengan Sepatu Rusak, Tetap Fokus Baris-berbaris

SUKABUMIUPDATE.com - Baris-berbaris Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) selalu menjadi perhatian warga jelang 17 Agustus 2022. Baru-baru ini viral sebuah video unggahan akun Instagram @undercover.id, aksi seorang paskibraka yang tetap fokus bertugas walaupun sepatunya rusak dan nyaris copot.

Dalam video terlihat masyarakat memadati pinggiran jalan untuk menyaksikan latihan baris-berbaris paskibra. Mereka menyaksikan dengan khidmat pasukan yang tampak kompak dengan topi merah dan sarung tangan putih tersebut.

Melansir suara.com, hingga kamera kemudian fokus pada kaki salah seorang peserta. Pasalnya sepatu peserta itu terlihat rusak, bahkan solnya tampak sudah nyaris terlepas dari sepatu hitam tersebut.

Tentu saja pemandangan itu membuat sejumlah orang salah fokus, tidak terkecuali para penonton di lokasi. Mereka tampak ikut mencemaskan kondisi peserta yang berarti harus melanjutkan kegiatan dengan sepatu rusaknya.

Mengutip keterangan di kolom caption, video tersebut direkam di Desa Kampobalano, Pulau Muna, Sulawesi Tenggara.

Video yang semula diunggah @wa_verra ini rupanya ikut membuat warganet terenyuh. Banyak yang mengapresiasi fokus dari peserta dan tetap tegap melakukan baris-berbaris, tidak peduli jika kakinya harus langsung menapak ke aspal akibat sepatunya yang rusak.

photoVideo viral aksi paskibra yang tetap fokus baris berbaris walaupun sepatunya rusak - (akun instagram @undercover.id)</span

Perbedaan Paskibra dan Paskibraka

Momen Hari Kemerdekaan tentu tidak lepas dari pasukan yang disiapkan khusus untuk mengibarkan bendera alias Paskibra. Namun biasanya kita masih belum bisa membedakan antara Paskibra dan Paskibraka.

Lalu apa saja perbedaannya? Mengutip yoursay.suara.com, ada setidaknya 6 hal yang membedakan Paskibra dan Paskibraka, yaitu:

1. Singkatan

Paskibra merupakan Pasukan Pengibar Bendera, sementara Paskibraka adalah Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. Dengan kata lain Paskibra bertugas mengibarkan bendera duplikat dalam sebuah upacara.

Baca Juga :

2. Seleksi

Seleksi Paskibra dilakukan dalam lingkungan sekolah dan biasanya masuk ekstrakurikuler. Sementara Paskibraka menggunakan seleksi yang lebih kompleks, meliputi tes kesehatan, fisik, wawancara, dan lain-lain.

3. Tempat Bertugas

Paskibra biasanya bertugas di lingkungan sekolah, sementara Paskibraka di 3 lingkungan tugas, yaitu tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional.

Lalu ada perbedaan lain dari segi seragam, ketentuan bertugas, sampai formasi ketika bertugas, yang bisa dibaca selengkapnya di sini.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI