Sukabumi Update

Demokrasi Indonesia Sedang Tidak Sehat, Mahfud MD: Pemimpin Daerah Dipilih Karena Uang

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD mengatakan jika keadaan demokrasi di Indonesia saat ini sedang tidak sehat. Hal tersebut diungkapkan Mahfud MD saat memberikan sambutan pada malam puncak HUT ke-56 KAHMI.

"Bagaimana keadaan demokrasi kita sekarang? Demokrasi kita sekarang tidak sehat, tidak sedang baik-baik saja," kata Mahfud dalam siaran YouTube KAHMI Nasional yang diunggah Minggu (18/9/2022) dengan judul “Resepsi Malam Puncak HUT Ke-56 KAHMI”.

Mahfud MD mengatakan saat ini banyak pemilihan pimpinan kepala daerah yang sebagian besar dipilih karena uang.

"Saya katakan pimpinan-pimpinan daerah yang terpilih saya dulu sebut 92 persen itu karena cukong, karena uang," kata Mahfud MD.

Baca Juga :

Perhitungan 92 persen tersebut didapat Mahfud dari hasil penelitian simulasi bersama Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Selain data dari LSM, Mahfud MD juga mengutip hasil perhitungan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

photoMahfud MD saat memberikan sambutan pada malam puncak HUT ke-56 KAHMI - (YouTUbe KAHMI Nasional)</span

"Kalau hitungan KPK 84 persen kepala daerah itu terpilih karena cukong. 84 persen itu angka dari KPK, hitungan KPK, demokrasi kita tak sehat, demokrasi jual beli!" ujar Mahfud MD.

Karena itu, Mahfud MD mengingatkan kepada semua pihak untuk jujur dalam berpolitik, karena menurutnya jabatan yang diraih dengan cara curang tidak akan membuat hidup tenang.

"Tidurnya nggak nyenyak, kalau sudah pensiun cari pengawal, kalau sudah nggak punya channel ketangkap juga. Pas punya chanel aman, sesudah tidak dikorbankan oleh temannya sendiri, itulah permainan," tambah Mahmud.

Baca Juga :

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI