Sukabumi Update

KPK Bilang Harun Masiku Terakhir Terdeteksi Ada di Luar Negeri

Tersangka kasus suap KPU Wahyu Setiawan, Harun Masiku, masih menjadi buronan penegak hukum Indonesia sejak tahun 2020. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Tersangka kasus suap Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan, Harun Masiku, masih menjadi buronan penegak hukum Indonesia sejak tahun 2020 lalu. Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK menyebut terakhir kali Harun terlacak sedang berada di luar negeri.

Mengutip tempo.co, Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur Rahayu menyebut pihaknya masih terus berusaha mencari keberadaan politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) itu. Ia mengatakan informasi mengenai posisi Harun Masiku berada di luar negeri berdasarkan hasil telusur KPK hingga saat ini.

“Informasi yang telah kami terima Harun Masiku kini berada di luar negeri,” kata Asep pada Kamis, 5 Januari 2023 di Gedung Merah Putih KPK.

Baca Juga: Harun Masiku di Luar Negeri? Masih Pandemi, KPK: Mau Kesana Bingung

Asep mengatakan saat ini KPK masih terus berusaha memulangkan Harun Masiku ke tanah air. Salah satunya, dia mengatakan KPK masih terus menjalin kerja sama dengan pihak-pihak terkait yang ada di luar negeri. Kendati demikian, ia tidak menyebut di mana negara tempat Harun Masiku berada terakhir kali yang berhasil terdeteksi KPK.

“Karena lokasi terakhir masih di luar negeri, kita masih berkoordinasi dengan beberapa agensi di luar negeri,” ujar dia.

Asep juga menambahkan KPK akan terus berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM. Koordinasi dilakukan guna memudahkan upaya KPK untuk menjemput politikus PDI-P itu di negara yang dimaksud.

“Tentu, itu kan menjadi tupoksi dari mereka (Dirjen Imigrasi),” ujar dia.

Baca Juga: 900 Hari Harun Masiku Buron, KPK: Pencarian Semua DPO Sama Pentingnya

Sudah sejak sekitar dua tahun yang lalu, keberadaan Harun Masiku masih menjadi tanda tanya para penyidik KPK. Pasalnya, dia buron saat penetapan status tersangkanya bersama eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan karena kasus penyuapan.

Pemberian sogokan tersebut dilakukan Harun Masiku agar dia bisa merasakan hangatnya kursi panas Gedung DPR RI di Senayan melalui jalur pergantian antar waktu atau PAW. Sejak saat itulah KPK masih terus berusaha mencari keberadaannya.

Terakhir kali, KPK menyebut keberadaan Harun Masiku berada di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK). Namun, karena beberapa alasan dan kendala, tim penyidik KPK tidak mampu mencokok Harun Masiku saat itu. Setelah itu, Harun Masiku kembali menghilang sampai KPK kembali mendeteksi dugaan keberadaannya di luar negeri.

Dirjen Imigrasi, Silmy Karim, mengatakan pihaknya juga akan berusaha membantu mengungkap keberadaan Harun Masiku. Untuk itulah, dia menyebut akan mempelajari terlebih dahulu mengenai detail kasus serta informasi mengenai Harun.

"Yang pasti saya akan pelajari dulu kasusnya (Harun Masiku). Kita akan cek dulu kemungkinannya seperti apa dan bagaimana menanganinya," kata Silmy pada Rabu, 4 Januari 2023.

Sumber: Tempo.co

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT