Sukabumi Update

Gubernur Papua Lukas Enembe Ditangkap KPK

Gubernur Papua Lukas Enembe. | Foto: papua.go.id

SUKABUMIUPDATE.com - Gubernur Papua Lukas Enembe ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Papua pada hari ini, Selasa (10/1/2023). Penangkapan Lukas Enembe dibenarkan Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Prabowo.

"Iya informasi yang saya dapatkan dari Karo Ops Polda Papua bahwa dari KPK melakukan penangkapan Lukas Enembe," kata Ignatius dihubungi wartawan Selasa siang.

Sementara itu, mengutip suara.com, KPK belum mengeluarkan pernyataan apa pun soal penangkapan Lukas Enembe. Kendati demikian, KPK pada hari ini mengagendakan pemeriksaan seorang saksi untuk Lukas Enembe.

Baca Juga: Dewas: 1.460 Pemberitahuan Penyadapan KPK Sepanjang 2022

"Hari ini (10/1) tindak pidana korupsi suap dan gratifikasi terkait pekerjaan atau proyek yang bersumber dari APBD Provinsi Papua, untuk tersangka LE (Lukas Enembe)," kata Kepala Bidang Pemberitaan KPK, Ali Fikri.

Saksi yang diperiksa atas nama Mieke karyawan PT Tabi Bangun Papua. Ali bilang pemeriksaan dilaksanakan di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

Diketahui KPK telah mengungkap kontruksi kasus suap yang menjerat Lukas Enembe soal dugaan tindak pidana korupsi berupa pemberian hadiah atau janji terkait proyek pembangunan infrastruktur di provinsi Papua.

Temuan sementara KPK, Rijatono Lakka selaku Direktur PT TBP menyuap Lukas Enembe seniliai Rp 1 miliar. Hal itu untuk mendapatkan tiga proyek pembangunan di Papua senilai Rp 41 miliar.

Sumber: Suara.com

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT