TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Sukabumi Update

Selain Bharada E, Justice Collaborator Bantu Ungkap Sederet Kasus Besar Ini!

Bharada E, Justice Collaborator Kasus Ferdy Sambo (Sumber : Instagram/@bharadaelizer)

SUKABUMIUPDATE.com - Justice Collaborator adalah saksi pelaku yang berkontribusi besar untuk mengungkapkan tindak pidana tertentu, menurut UU Nomor 31 Tahun 2014 perubahan atas UU Nomor 13 Tahun 2006.

Bharada E atau Richard Eliezer merupakan salah satu contoh justice collaborator dalam kasus besar tanah air, tepatnya kasus pembunuhan berencana Brigadir J oleh Irjen Ferdy Sambo.

Selain Bharada E, Justice Collaborator (JC) pernah berhasil membantu untuk membongkar 4 kasus besar berikut, dikutip via Tempo.co.

1. Bantuan justice collaborator Bongkar Kasus suap red notice Djoko Tjandra 

Permohonan Tommy Sumardi sebagai justice collaborator diterima dan dibacakan jaksa dalam sidang tuntutan Tommy Sumardi yang digelar pada 15 Desember 2020. Saat itu, Tommy yang berposisi sebagai terdakwa akan bekerja sama menjadi saksi pelapor. Tugasnya ialah memberikan keterangan atau bukti-bukti yang signifikan untuk membongkar sistem dari kasus tersebut.

Meskipun Tommy dituntut denda sebesar Rp100 juta subsider 6 bulan pidana badan, namun jaksa mempertimbangkan sejumlah hal untuk memperingan kurungannya. Hal ini dikarenakan dirinya yang dinilai telah mengakui perbuatannya di dalam persidangan.

Baca Juga: Bharada E Dituntut 12 Tahun Penjara, LPSK: Di Luar Harapan Kami

2. Bantuan justice collaborator Bongkar Kasus penggelapan pajak Asian Agri Group 

Kasus penggelapan pajak ini diungkapkan dengan metode justice collaborator oleh mantan karyawan PT Asian Agri, Vincentius Amin Sutanto. Alhasil, Vincent mendapatkan pembebasan bersyarat sebagai penghargaan atas jasanya mengungkap kejahatan pajak PT Asian Agri.

Tidak melakukannya seorang diri, ia bekerja sama dengan aparat kepolisian dan penegak hukum. Ia juga dibantu dalam perlindungan diri oleh Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Editor : Nida Salma Mardiyyah

Tags :
BERITA TERKAIT