TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Sukabumi Update

DPR akan Bicara dengan Pemerintah Soal Tuntutan Masa Jabatan Kades 9 Tahun

Aksi unjuk rasa Kades di DPR yang menuntut masa jabatannya diperpanjang menjadi 9 tahun. |Foto: Tangkapan layar Youtube DPR RI.

SUKABUMIUPDATE.com - DPR merespons aspirasi para kades yang ingin masa jabatannya diperpanjang dari 6 tahun menjadi 9 tahun.

Dalam hal ini, untuk mengakomodir para kades, DPR perlu duduk bersama dan bicara dengan pemerintah dalam mengambil suatu keputusan. 

Hal itu diungkapkan Ketua DPR Puan Maharani menyusul demonstrasi para kades yang meminta agar Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 pasal 39 tentang Desa direvisi.

Baca Juga: Jadwal Tayang Preman Pensiun 8, Simak Info Terbarunya Langsung dari Sang Sutradara

"Jadi bukan hanya DPR-nya saja, tapi juga pemerintahnya. Terus ada dua pihak yang bersepakat untuk melakukan revisi. Jadi kemarin teman-teman kades itu kan sudah diterima aspirasinya oleh teman-temannya di DPR dan kami bisa memahami apa yang menjadi aspirasi dari teman-teman kades," kata Puan di kawasan DPR, Jakarta Pusat, Kamis (19/1/2023).

Soal apakah perpanjangan masa jabatan bakal meningkatkan efektivitas kinerja para kades, Puan menyebut perlu ada kajian lebih lanjut mengenai hal itu. Oleh karena itu, Puan mengaku tidak mau buru-buru memutuskan perpanjangan masa jabatan itu.

"Jadi kemarin udah kita terima aspirasinya, udah kita dengarkan apa yang diinginkan, apa manfaatnya buat rakyat di bawah dan masyarakat yang ada di lapangan. Jadi itu yang kita akan cerna dulu, kita akan bahas dulu, dan tentu saja dikaji secara mendalam," kata Puan.

Baca Juga: Kisah Masjid di Cibadak Sukabumi, Berdiri di Area Proyek Jembatan Pamuruyan Baru

6 Tahun Dinilai Kurang

Pada Selasa, 17 Januari 2023, ratusan Kepala Desa dari Pabdesi memenuhi area depan gerbang Gedung DPR RI. Mereka menuntut DPR merevisi Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 pasal 39 tentang Desa.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERKAIT