TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Sukabumi Update

Bukan Emil, Golkar Tetap Sodorkan Airlangga ke KIB sebagai Capres

Ridwan Kamil bergabung ke Partai Golkar. | Foto: partaigolkar.com

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily menyebut pihaknya tetap bakal mengajukan nama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto ke Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB. Walaupun, Ridwan Kamil yang memilki elektabilitas lebih tinggi telah bergabung ke partai berlambang beringin itu.

"KIB ada mekanisme sendiri dalam penentuan siapa capres-cawapres. Dan pasti Golkar dorong Pak Airlangga. Soal kapan pembahasan capres-cawapres di KIB, sebagaimana disampaikan Pak Airlangga tentu menunggu waktu yang tepat," ujar Ace saat ditemui di kawasan DPR RI, Jakarta Pusat, Kamis, 19 Januari 2023.

Mengutip tempo.co, soal peluang menjadikan Airlangga calon wakil presiden 2024 dari Partai Golkar, Ace menyebut hal itu bakal diputuskan di partai. Menurut Ace, dirinya tidak ingin mendahului fatsun (sopan santun) kebijakan partai.

"Pak RK (Ridwan Kamil alias Emil) juga sampaikan beliau politiknya tahu diri. Saya kira beliau akan tunduk kepada apa yang jadi perintah partai," kata Ace.

Baca Juga: Ridwan Kamil Akan Dijagokan Partai Golkar untuk Pilgub Jabar Atau DKI Jakarta

Buka Peluang Emil Kembali Jadi Nyagub di Jawa Barat

Ace menerangkan Ridwan Kamil memiliki kesempatan dicalonkan Partai Golkar sebagai Gubernur Jawa Barat periode kedua pada Pilkada 2024. RK resmi bergabung dengan Golkar pada Rabu kemarin dan terpilih sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan Pemilih dan Co-Chair Badan Pemenangan Pemilu.

"RK memiliki kesempatan sebagai kader untuk kembali dicalonkan sebagai Gubernur Jawa Barat yang kedua kalinya. Nah, karena kita tahu selama ini Pak Ridwan Kamil belum tercatat sebagai kader partai mana pun dan sekarang tercatat sebagai kader Golkar," ujar Ace.

Soal isu yang menyebut Emil bakal maju dalam Pilpres 2024, Ace meyakini eks Wali Kota Bandung itu bakal patuh pada keputusan partai yang telah menyatakan dukungan untuk Airlangga Hartarto maju sebagai calon presiden 2024. Menurut Ace, komitmen agar patuh pada keputusan partai ini sudah dibicarakan dengan Ridwan Kamil.

"Pak RK (Ridwan Kamil) kemarin sudah menunjukkan komitmennya untuk loyal dan taat terhadap apa pun keputusan organisasi," kata Ace.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT