TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Sukabumi Update

Temuan Narkoba Cair dalam Liquid Vape di Indonesia, APVI Akhirnya Beri Tanggapan

Ilustrasi. Narkoba Cair dalam Liquid Vape di Indonesia (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Narkoba atau Narkotika dan Bahan Obat Berbahaya kerap diselundupkan oleh oknum-oknum tertentu.

Strategi licik oknum Narkoba salah satunya menyusupkan barang haram ini ke dalam rokok elektrik atau vape yang memang digandrungi anak muda.

Temuan narkoba cair dalam Liquid Vape di Indonesia kemudian mendapat tanggapan dari Asosiasi Personal Vaporizer Indonesia (APVI).

Mengutip suara.com, APVI menyebut bahwa penyelundupan kandungan narkoba dalam vape dikemas dengan bentuk cairan atau liquid.

"Sebagai asosiasi pengusaha vape, kami terus berkomitmen dalam meningkatkan pengawasan agar segala jenis narkoba tidak dijangkau komunitas pengguna vape. Masalah yang beredar saat ini adalah penyalahgunaan vape," kata Sekretaris Umum APVI Garindra Kartasasmita pada Jumat (20/1/2023).

Ia beranggapan, penyalahgunaan ini murni karena ulah oknum dan tidak berkaitan dengan produk vape.

Baca Juga: Barang yang Haram Masuk Piala Dunia Qatar 2022, Mulai dari Pakaian Minim Hingga Vape

Sebagai contoh, beberapa produk dipasarkan untuk keperluan tertentu, namun digunakan untuk hal yang tidak sesuai dengan tujuannya.

"Jarum suntik ada untuk keperluan kesehatan, namun bisa disalahgunakan untuk narkoba. Di sisi lain, pisau juga dipasarkan untuk memasak, bukan untuk melukai. Solusinya tentu bukan meniadakan produk-produk tersebut tetapi harus terus dipantau peruntukannya di lapangan," kata Garindra.

Ia menegaskan, sejak 2018 silam, APVI telah berkolaborasi erat dengan Ditjen Bea Cukai, Kepolisian Republik Indonesia, dan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk mencegah peredaran produk vape ilegal.

Editor : Nida Salma Mardiyyah

Tags :
BERITA TERKAIT