Sukabumi Update

Soal Pelajar SMP di Bogor Dansa, Menko PMK: Mereka Tunjukan Bakat Istimewa

Tangkapan layar sepasang siswa-siwi SMPN 1 Ciawi, Bogor berdansa di lapangan sekolahnya. |Foto: Istimewa.

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy merespons mengenai siswa-siswi SMP di Ciawi, Bogor yang viral karena berdansa. 

Menko PMK menyatakan, pelajar itu memiliki bakat yang istimewa. 

"Mereka telah menunjukkan bakat istimewanya di bidang seni, jika gurunya bisa mengarahkan dengan benar, kelak dia akan bisa jadi penari bahkan koreografer yang hebat," kata Muhadjir dilansir dari Twitter Kemenko PMK, Sabtu (21/1/2023).

Baca Juga: Kumpulan Kata-kata Ucapan Tahun Baru Imlek 2023, Bisa Dijadikan Caption Medsos

Lebih lanjut, Muhadjir menilai, pihak sekolah juga berkewajiban untuk mensupport dan mengarahkan bakatnya serta menanamkan nilai-nilai estetika yang berkepribadian nasional.

"Disini guru juga berkewajiban dalam mengarahkan dan menanamkan nilai-nilai estetika yang berkepribadian Indonesia sehingga pelajar tersebut menjadi kebanggaan bangsa atas prestasi yang diraihnya," tuturnya.

Sebelumnya, sepasang siswa-siswi SMP Negeri 1 Ciawi berdansa dengan menggunakan seragam di lapang sekolah. Video saat mereka berdansa kemudian viral dan mendapat beragam respons dari publik. Ada yang mengapresiasi namun ada juga yang mencibir dengan alasan menyebarkan budaya asing yang bisa merusak generasi bangsa.

Baca Juga: Berkisah Soal Percintaan, Ini Lirik dan Terjemahan Lagu You & I - Diego Gonzalez

Padahal apa yang mereka lakukan adalah dance sport. Pihak sekolah sudah memberikan penjelasan mengenai hal ini dengan menyatakan bahwa dance sport dinaungi oleh Ikatan Olahraga Dansa Indonesia (IODI).

Dalam akun instagram SMPN 1 Ciawi disebutkan kalau kedua pelajar itu merupakan atlet dance sport yang berprestasi sebab meraih tiga medali emas dalam Porprov XIV Jabar 2022.

Pihak sekolah menyatakan di SMPN 1 Ciawi tidak ada ekskul dance sport ataupun memasukkan dance sport ke dalam kurikulum pembelajaran sekolah.

"Sekali lagi kami luruskan, mereka ini atlet yang ikut atas nama pribadi dan dilatih oleh pelatih profesional Kabupaten Bogor untuk ikut dalam ajang Porprov Jabar 2022 dan berhasil menyumbangkan 3 medali emas," tulis akun tersebut.

Sumber: Suara.com

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERKAIT