Sukabumi Update

PKS Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024, Susul NasDem dan Demokrat

Anies Baswedan saat menghadiri acara PKS. | Foto: pks.id

SUKABUMIUPDATE.com - Senin, 30 Januari 2023, koordinator tim kecil Koalisi Perubahan dari PKS Sohibul Iman menyampaikan pesan dari Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf kala menyambanginya di Istanbul, Turki.

Sohibul mengatakan Salim punya dua pesan untuk menjawab pertanyaan di benak publik soal pencapresan Anies Baswedan maupun kepastian bergabung ke Koalisi Perubahan.

Mengutip tempo.co, Salim, kata dia, menegaskan PKS konsisten jadi bagian dari koalisi partai pengusung Anies Baswedan dalam Pilpres 2024. Sehingga, kata dia, koalisi yang bakal dinamai Koalisi Perubahan ini bisa memenuhi ambang batas presiden sebesar 20 persen.

Selanjutnya, Sohibul mengatakan PKS bakal menyampaikan dukungan kepada Anies sebagai capres secara eksplisit pada rapat Badan Majelis Syura yang digelar bersamaan dengan Rapat Kerja Nasional PKS pada 24 Februari 2023 mendatang.

“PKS akan menyampaikan dukungan eksplisit organisatoris kepada Anies sebagai bacapres 2024-2029 pada rapat Badan Majelis Syura PKS yang bersamaan dengan Rakernas DPP PKS pada 24 februari 2023,” kata Sohibul di kawasan Bandara Soekarno Hatta, Senin, 30 Januari 2023.

Baca Juga: Partai Demokrat Resmi Dukung Anies Baswedan Maju Pilpres 2024

Kendati demikian, dia mengatakan peluang adanya percepatan pendeklarasian Anies masih terbuka. Utamanya, kata dia, usai Salim dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu menjalankan ibadah umrah.

“Meski demikian, tidak tertutup terjadi percepatan sesuai dinamika yang berkembang. Terutama setelah Presiden Syaikhu dan Habib Salim kembali ke tanah air,” kata dia.

Pembentukan Sekber

Tim relawan Anies Baswedan yang tergabung dalam Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) meminta agar Sekretariat Bersama atau Sekber NasDem-PKS-Demokrat segera didirikan. Hal ini menyusul PKS yang secara resmi menyatakan dukungan untuk Anies.

Menurut SKI, pendirian sekber sebagai bentuk peresmian ikatan kerja sama dalam koalisi dan menjadi sekber wadah konsolidasi parpol serta masyarakat pro-perubahan.

”Keputusan PKS, Partai Nasdem, dan Partai Demokrat untuk mencapreskan Anies Baswedan merupakan jawaban atas doa dan aspirasi masyarakat yang menginginkan terjadinya perubahan agar kehidupan rakyat lebih baik,” ujar Sekjen SKI Raharja Waluya Jati dalam keterangannya, Selasa, 31 Januari 2023.

Baca Juga: Daftar Nama Relawan Capres 2024: Anies Baswedan, Ridwan Kamil hingga Puan Maharani

Jati menyebut dukungan secara resmi NasDem, PKS, dan Demokrat terhadap Anies Baswedan membuat dukungan dari masyarakat yang menginginkan terjadinya perubahan semakin tak terbendung. Selain itu, Jati menyebut dukungan ketiga partai ini juga memastikan ketercukupan syarat formil bagi pencapresan Anies Baswedan.

Jati menyebut terdapat kerja besar yang harus segera dikerjakan oleh koalisi dan relawan Anies pascaresminya pemberian dukungan tersebut.

”Kami perlu meyakinkan publik luas tentang perlunya memanfaatkan perhelatan demokrasi di tahun 2024 sebagai momentum untuk melakukan perubahan menuju Indonesia yang adil, makmur, dan berkeadilan sosial,” kata Jati.

Sumber: Tempo.co

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT