Sukabumi Update

Sudah 2023, Kapan KA New Image Jalur Ganda Paledang Cicurug Sukabumi Meluncur?

Kapan kereta new image meluncur di jalur Ganda Bogor - Sukabumi tahap 1 Paledang - Cicurug (Sumber: akun instagram BTP Bandung)

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Perhubungan mengabarkan kondisi terkini pembangunan jalur ganda atau double track kereta Bogor - Sukabumi yang menjadi percepatan proyek strategis nasional (PSN) Jawa Selatan. Proyek yang dimulai sejak 2018 ini direncanakan selesai tahun 2023, double track dari Paledang Kota Bogor hingga Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Saat meresmikan kembali beroperasinya KA Pangrango pada 9 April 2022, Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri menyebut bahwa meski keseluruhan pengerjaan jalur ganda Bogor-Sukabumi Tahap 1 ruas Bogor Paledang - Cicurug sudah rampung, namun pengoperasiannya akan dilakukan secara bertahap.

Ditegaskan tampilan jalur KA Bogor Paledang - Cicurug sampai Sukabumi hadir kembali dengan kereta new image. Dimana sebentar lagi akan melayani jalur ganda Bogor Paledang - Cicurug.

Baca Juga: Ada Mitos di Balik Munculnya Halo Matahari, Fenomena Langka di Langit Sukabumi

"Per hari ini baru akan dioperasikan satu jalur (single track) terlebih dahulu, baru kemudian menyusul akan dioperasikan secara ganda (double track)," jelas Zulfikri dikutip dari portal Dirjen Perkeretaapian, Kemenhub RI.

Zulfikri menegaskan kini tampilan jalur KA Bogor Paledang - Cicurug sampai Sukabumi hadir kembali dengan kereta new image, yang sebentar lagi akan melayani jalur ganda Bogor Paledang - Cicurug.

Saat itu, ia menjelaskan pengerjaan jalur ganda Bogor-Sukabumi dilakukan sebagai pelaksanaan dari amanah yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 58 Tahun 2017 tentang Percepatan Proyek Strategis Nasional (PSN) Double Track Jawa Selatan. Proyek ini dibagi dalam 6 tahap yang dimulai pada tahun 2018 dan direncanakan selesai seluruhnya pada tahun 2023.

Baca Juga: Longsor di Area Curug Sodong Belum Ditangani, Ini Kata Dispar Sukabumi

Disampaikan panjang keseluruhan lintas yang dibangun dalam proyek jalur ganda Bogor-Sukabumi adalah 57.650 m’sp. Dalam proyek ini, Kemenhub membangun 16 jembatan KA, 15 JPO, 8 overpass, 1 underpass, 1 jembatan integrasi, 6 stasiun, 9 perlintasan, 4 fasilitas pendukung dan 11 fasilitas keselamatan.

Persiapan operasional jalur ganda segmen Kota Bogor Paledang - Cicurug Kabupaten Sukabumi terus dilakukan dan sudah dalam tahap pengujian.

Masih dari portal resmi DJKA Kemenhub RI, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) wilayah Jawa bagian Barat, Erni Basri menyebut pihaknya sudah menyelesaikan total pengerjaan pembangunan PSN Double Track, sejauh 26,6 Kilometer Spoor (Kmsp) pada proyek dengan total panjang 57,450 Kmsp itu.

Baca Juga: Universitas Nusa Putra Salurkan Donasi Bencana Gempa Turki

Proyek pengerjaan jalur ganda KA Bogor-Sukabumi dibagi menjadi dua tahap. Pertama, Paledang sampai Cicurug dengan panjang 26,6 Kmsp sementara segmen kedua akan dilanjutkan mulai Cicurug hingga Kota Sukabumi sepanjang 30,2 Kmsp.

Memasuki tahun 2023, Kemenhub akan mengerjakan lanjutan proyek double track dengan fokus revitalisasi stasiun Paledang serta stasiun-stasiun lintas Bogor-Sukabumi. "Sisa pembangunan jalur ganda 30,2 Kmsp dari Cicurug-Sukabumi, kita juga lanjutkan,” kata Erni.

Terbaru, BTP Jawa Barat menginformasikan bahwa saat ini tengah berlangsung pengerjaan pembangunan perlintasan tidak sebidang JPL 12 F di stasiun Maseng Bogor. “Merupakan bagian dari proyek pembangunan jalur ganda lintas Bogor - Sukabumi dengan progres hingga saat 79,42 persen,” tulis admin pada akun mesdos resmi DJKA Kemenhub RI dan BTP Bandung.

 

 

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT