Sukabumi Update

Update Kebakaran Depo Pertamina Plumpang: 17 Meninggal, 2 Anak-anak

Pemadam hingga kepolisian di lokasi terdampak kebakaran Depo Pertamina Pumplang. | Foto: Istimewa/ Twitter @syaikh_syafiq

SUKABUMIUPDATE.com - Korban meninggal akibat insiden kebakaran di Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, Jumat (3/3/2023) malam tercatat sebanyak 17 orang.

Berdasarkan data sementara yang dihimpun suara.com, dari jumlah tersebut dua korban meninggal diantaranya adalah anak-anak.

Sedangkan jumlah korban luka-luka dilaporkan mencapai 50 orang. Satu di antaranya berstatus anak-anak. Korban dirawat di beberapa rumah sakit seperti RS Pelabuhan, RS Tugu, RS Mulyasari dan RS Koja.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan pihaknya bersama Kodam Jaya akan mendirikan posko darurat bagi korban. Hal ini disampaikan Fadil saat meninjau langsung lokasi kebakaran bersama Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto.

"Sudah disampaikan tadi sama Pangdam kita buat posko," kata Fadil di lokasi.

Baca Juga: Depo Pertamina Plumpang di Jakarta Utara Kebakaran, Warga Panik Berhamburan

Fadil menjelaskan didirikannya posko ini untuk menampung para korban yang terdampak. Di samping itu juga untuk mempermudah konsolidasi antar personel dan tim SAR gabungan.

"Sama-sama memberikan pertolongan untuk konsolidasi personel dan sebagainya," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta Satriadi Gunawan menyatakan kebakaran Depo Pertamina Plumpang sudah bisa diatasi. Sejak pukul 23.00 WIB, pemadaman kebakaran sudah dalam tahap pendinginan.

"Kebakaran di Depo dan permukiman warga di sebelahnya saat ini proses pendinginan, artinya tinggal pemadaman bara-baranya saja," kata Satriadi di Jakarta, seperti dikutip Tempo.co dari Antara.

Baca Juga: Puskesmas Temukan Balita Lumpuh Layu di Baros Sukabumi, Diduga Karena Hal Ini!

Tim Damkar Gulkarmat DKI menyisir sejumlah titik di sekitar lokasi pipa BBM yang terbakar untuk mengantisipasi ada bara api yang masih menyala.

Untuk pemadaman kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Dinas Gulkarmat DKI Jakarta menurunkan 52 unit mobil pemadam dan sekitar 255 personel.

Kebakaran yang terjadi sejak sekitar pukul 20.11 WIB ini dilaporkan berawal dari terbakarnya pipa bensin Pertamina.

SUMBER: SUARA.COM/TEMPO.CO

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT