Sukabumi Update

Kapan Sidang Isbat Penetapan 1 Ramadan 1444 H di Indonesia? Cek Disini!

Ilustrasi. Pelaksanaan Sidang Isbat Penetapan 1 Ramadan 1444 H di Indonesia | Foto: Istimewa via balitbangdiklat.kemenag.go.id

SUKABUMIUPDATE.com - Menjelang Bulan Ramadan 2023, rangkaian kegiatan pemerintah mulai ramai dicari warganet. Salah satu hal yang kerap dinantikan adalah Hasil Sidang Isbat Penetapan 1 Ramadan 1444 H di Indonesia.

Sidang Isbat yaitu suatu sidang penetapan dalil syar'i di hadapan hakim dalam suatu majelis untuk menetapkan suatu kebenaran atau peristiwa yang terjadi. Agenda Sidang Isbat juga bisa dilakukan dengan kedatangan sang penuntut yang meminta haknya atau mencegah terjadinya penolakan terhadap hak tersebut.

Lantas, kapan Pelaksanaan Sidang Isbat Penetapan 1 Ramadan 1444 H di Indonesia? Simak informasinya berikut ini seperti dikutip via SuaraSumedang.id (Portal Suara.com).

Baca Juga: Profil Emak Barbar dan Sean Bule, YouTuber Sukabumi di Film Dicky Chandra

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Ditjen Bimas) Kemenag, akan menggelar Sidang Isbat Awal Ramadan 1444 H pada Rabu 22 Maret 2023 mendatang.

Disampaikan Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib, pelaksanaan sidang isbat akan digelar seperti biasanya. Adib pun mengatakan, rangkaian Sidang Isbat awal Ramadan 2023 masih digelar secara hybrid, atau gabungan antara daring dan luring.

"Seperti biasa, Sidang Isbat awal Ramadan akan kita laksanakan setiap 29 Syaban. Tahun ini, bertepatan dengan hari Rabu, 22 Maret 2023," kata Adib, di Jakarta dikutip Kamis (9/3/2023).

Selain melibatkan Tim Hisab Rukyat Kemenag, pelaksanaan rangkain Sidang Isbat pun mengundang duta besar negara sahabat. Kemudian Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, perwakilan dari organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam, dan lainnya.

Baca Juga: Raden Kian Santang, Penunggu Curug Meong di Wisata Alam Cikaso Sukabumi

Adib menerangkan rangkaian pelaksanaan Sidang Isbat penetapan 1 Ramadan 1444 H/2023 M, akan dibagi ke dalam tiga tahapan.

1. Seminar

Seminar pemaparan posisi hilal Awal Ramadan 1444 H, berdasarkan hasil hisab atau perhitungan astronomi.

Pemaparan ini dilakukan Tim Hisab Rukyat Kemenag mulai pukul 17.00 WIB, dan terbuka untuk umum.

"Sesi seminar yang terbuka untuk umum inilah, yang digelar secara hybrid karena kapasitas ruangan terbatas," kata Adib.

2. Pelaksanaan sidang isbat

Rangkaian kedua ini, pelaksanaan Sidang Ssbat penetapan Awal Ramadan 2023. Sesi ini akan dilaksanakan secara luring setelah Shalat Magrib, dan tertutup untuk umum.

Selain data hisab, Sidang Isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatul hilal, yang akan dilaksanakan pada 123 lokasi di seluruh Indonesia.

3. Konferensi pers

"Sesi terakhir adalah telekonferensi pers Hasil Sidang Isbat, yang akan disiarkan secara langsung oleh TVRI, dan media lainnya," kata Adib.

Baca Juga: Bule Belanda Berlibur ke Sukabumi, Sebut Tempe Jadi Makanan Kesukaan

Mengutip catatan redaksi sukabumiupdate.com sebelumnya, ada tujuh lokasi Provinsi Jawa Barat diantara daftar 123 titik Rukyatul Hilal seluruh Indonesia. Salah satu titik Rukyatul Hilal tersebut ada di Kabupaten Sukabumi tepatnya di POB Cibeas.

Termasuk Kabupaten Sukabumi, berikut daftar 7 titik Rukyatul Hilal di Provinsi Jawa Barat:

1. Pasirlasih, Kabupaten Pangandaran
2. Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya
3. Pondok Bali, Kabupaten Subang
4. Santolo, Kabupaten Garut
5. Al Biruni (UNISBA)
6. Pantai Baro Gebang, Kabupaten Cirebon
7. POB Cibeas, Kabupaten Sukabumi

Sumber: SuaraSumedang.id (Portal Suara.com)

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT