Sukabumi Update

Viral Pemotor Terobos Konvoi Mobil Presiden, Ini Respons Jokowi

Tangkapan layar video seorang pengendara motor menerobos konvoi mobil Presiden Joko Widodo atau Jokowi ketika sedang berkeliling di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang pengendara motor nekat menerobos konvoi mobil Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat di Makassar, Sulawesi Selatan. Aksi nekat pengendara motor itu menjadi viral setelah video berdurasi 26 detik tentang kejadian tersebut beredar luas.

Dalam video tersebut, pengendara mengendarai motornya di pinggir jalan. Dari arah Hotel Ramayana Makassar di Jalan G. Bawakareng, pengendara ini melaju berlawanan arah dengan rombongan mobil Jokowi.

Tiba-tiba, pengendara motor ini langsung memotong konvoi mobil Jokowi ketika ada celah antara mobil presiden dan beberapa motor polisi pengawal di depannya.

Baca Juga: Ada Bocimi Seksi 2, Tol Fungsional Sepanjang 217,2 Km Disiapkan untuk Lebaran

Pengendara ini melaju sambil menggeber knalpot motornya, sehingga hampir saja tertabrak mobil presiden. Kejadian ini tidak membuat mobil dan rombongan berhenti, namun terus melaju.

Kepala Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin menyebut pihak wilayah awalnya akan mengamankan pengendara motor tersebut.

Komandan Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres Mayor Jenderal Rafael Granada Baay lalu melaporkan kejadian tersebut kepada Jokowi.

Baca Juga: Sungai Cigadog Meluap, Rumah dan Jalan di Warungkiara Sukabumi Rusak Digerus Banjir

"Presiden memberikan arahan untuk tidak perlu dilakukan pemeriksaan dan penahanan kepada pemotor tersebut," kata Bey dalam keterangan tertulis, Kamis (30/3/2023).

Presiden, kata Bey, hanya meminta ditingkatkan sosialisasi keamanan dan ketertiban berlalulintas.

Bey kemudian menjelaskan kejadian ini terjadi setelah Jokowi tiba di Pasar Terong, Makassar, Rabu sore, 29 Maret 2023. Rombongan Jokowi kemudian berhenti Jalan G. Bawakaraeng. Setelah tiba, Jokowi menyapa masyarakat dan pedagang yang telah menunggunya di pasar tersebut.

Baca Juga: 6 Pertandingan Persib vs Persija yang Terjadi di Bulan Maret, Ini Hasilnya

Di saat yang sama, rangkaian kendaraan presiden yang telah kosong bergerak untuk menuju sisi lain Jalan Pasar Terong, yaitu Jalan Masjid Raya guna menjemput presiden di titik akhir kunjungan ke pasar. Oleh sebab itu, Bey mengkonfirmasi bahwa Jokowi tidak berada di dalam mobil ketika aksi penerobosan tersebut.

Saat rangkaian tersebut bergerak inilah, ada pengendara motor yang menerobos dan melintas di depan iring-iringan. Pengendara ini memotong jalur persis di depan mobil Presiden. "Tidak ada korban dalam peristiwa ini," kata Bey.

Sumber: Tempo.co

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERKAIT