Sukabumi Update

Diawali Ledakan Membakar Kompresor, Kronologi Kebakaran Kilang Pertamina Dumai

Kilang Pertamina Refinery Unit II Dumai Provinsi Riau kebakaran pada Sabtu malam, 1 April 2023. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kilang Pertamina Refinery Unit II Dumai Provinsi Riau terbakar pada Sabtu malam, 1 April 2023. Akibatnya lima pekerja luka-luka.

Manager Communication Relationship PT Kilang Pertamina Internasional RU II Dumai, Agus Setiawan, menyebutkan lima orang yang mengalami kecelakaan kerja di ruang operator itu telah dibawa ke RS Pertamina Dumai untuk memperoleh perawatan.

Mengutip tempo.co, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigadir Jenderal Ahmad Ramadhan membenarkan peristiwa tersebut. Dia mengatakan kepolisian sedang menyelidiki penyebab insiden ini. “Penyebab ledakan masih dalam penyelidikan,” kata Ahmad Ramadhan saat dihubungi pada Minggu, 2 April 2023.

Peristiwa itu bemula ketika muncul ledakan yang mengakibatkan terbakarnya kompresor make up gas di Unit 2 11 HCU Area Unit Unibon/Kilang PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU II Dumai pada Sabtu, 1 April 2023 pukul 22.44 WIB.

Baca Juga: Terjadi Lagi! Kilang Pertamina Dumai Meledak Lukai Pekerja dan Rusak Rumah Warga

Agus Setiawan mengatakan sekira pukul 22.44 WIB di TKP Unit 2 11 Area HCC (Hydro Cracker Complex) PT KPI terjadi kebakaran kompresor make up gas yang diawali terlebih dahulu dengan ledakan yang mengakibatkan getaran di sekitar area kilang.

"Api dapat dipadamkan 10 menit kemudian," kata Agus dalam keterangan tertulisnya.

Para korban merupakan karyawan pertamina HCC yang sedang shift sore. Mereka rata-rata mengalami luka ringan akibat serpihan kaca, namun telah dilakukan penanganan medis di RS Pertamina Dumai dan sudah diperbolehkan pulang.

Kemudian, masyarakat sekitar kilang PT KPI RU II Dumai mendatangi kilang untuk meminta keterangan dan pertanggungjawaban dari PT KPI RU II Dumai. Pasalnya, beberapa rumah warga terdampak kerusakan.

Wali Kota Dumai Paisal bersama Kapolres Dumai Ajun Komisaris Besar Polisi Nurhadi Ismanto dan Komandan Kodim 0320 Dumai Letnan Kolonel Hermansyah Tarigan, hadir untuk menenangkan masyarakat. “Kemudian mereka mengajak perwakilan masyarakat untuk mediasi,” ujar Agus.

Pada saat mediasi juga dilakukan pengecekan langsung ke TKP Kebakaran oleh Wali Kota, Kapolres, dan Dandim 0320 Dumai, juga didampingi Kasat Intelkam Polres Dumai, General Manager PT KPI RU II Dumai, serta perwakilan masyarakat untuk memperoleh situasi riil di TKP kebakaran guna mencegah adanya misinformasi dan menenangkan masyarakat sekitar kilang.

“Setelah perwakilan masyarakat melihat secara langsung situasi api sudah padam dan aman kemudian masyarakat merasa tenang dan kondusif,” kata Agus.

Sumber: Tempo.co

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT