Sukabumi Update

Potret Kinerja Jokowi dan SBY dalam Mengatasi Kemiskinan dan Pengangguran

Perbanding kinerja Jokowi dan SBY | Foto : SU

SUKABUMIUPDATE.com - Jelang pergantian presiden melalui Pemilu 2024, kinerja pemerintahan era Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) masih terus dibanding-bandingkan. Pasalnya, mereka merupakan pemimpin Indonesia yang sama-sama mengemban tugas untuk dua periode.

SBY menjadi presiden RI selama 2004-2014, sedangkan Jokowi melanjutkannya hingga 2024 mendatang. Adapun kinerja yang dibandingkan, yakni soal utang, pertumbuhan ekonomi, angka kemiskinan, serta pengangguran di Indonesia. Mana yang lebih unggul?

Berikut ini perbandingan potret kinerja Jokowi dan SBY yang berhasil dirangkum sukabumiupdate.com, Kamis (01/06/2023). 

Angka Kemiskinan

Menurut data terakhir BPS, angka kemiskinan di Indonesia per September 2022 sebesar 9,57% atau sebanyak 26,36 juta orang. Apabila dibandingkan saat Jokowi mulai menjabat sebagai presiden, angkanya ini telah mengalami penurunan.

Kenaikan sempat terjadi ketika ada pandemi Covid-19 pada tahun 2020. Sementara itu, di tahun terakhir era Presiden SBY atau per September 2014, angka kemiskinan mencapai 10,96% atau 27,73 juta orang. Dengan kata lain, tiap tahunnya hingga kini, total warga miskin terus berkurang.

Angka Pengangguran

Berdasarkan data yang diperoleh, angka pengangguran di awal kepemimpinan SBY mencapai 9,86%. Lalu, persentase ini menurun sebanyak 3,73% pada jelang akhir pemerintahannya. Berbeda dengan era Jokowi, yang justru bertambah.

Di awal kepemimpinan Jokowi, angka pengangguran mencapai 5,94%. Kemudian, meningkat sebanyak 0,22% hingga menjadi 6,16% pada tahun 2022. Kenaikan ini disebut-sebut karena banyaknya perusahaan yang mengalami kerugian dan memutuskan melakukan PHK.

Sumber : suara.com 

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT