Sukabumi Update

Singgung Transaksi di Balik Meja DPR, Mahfud MD: Korupsi Makin Menjadi-jadi

Menko Polhukam Mahfud MD. Mahfud MD menyatakan indeks persepsi korupsi Indonesia anjlok pada 2022. Hal itu kata Mahfud menunjukan kalau korupsi semakin menjadi-jadi. (Sumber: Istimewa).

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyatakan indeks persepsi korupsi Indonesia anjlok pada 2022. Hal itu kata Mahfud menunjukan kalau korupsi semakin menjadi-jadi.

"Di tahun 2022 indeks persepsi korupsi kita terjun dari 38 ke 34. Itu membuat kita kaget. Korupsinya makin menjadi-jadi berarti," kata Mahfud dalam HUT Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) di Sarinah, Jakarta Pusat, Minggu (11/6/2023).

Mahfud menuturkan, pemerintah telah mengundang lembaga-lembaga survei internasional dan nasional guna mencari penyebab anjloknya IPK. Hasilnya, conflic of interest atau konflik kepentingan menjadi salah satu penyebabnya.

Baca Juga: Cocok Buat Tektok, 5 Gunung di Jawa Barat yang Bisa Didaki Dalam Sehari

"Kesimpulannya memang terjadi conflict of interest di dalam jabatan-jabatan politik," ujarnya.

Ia juga bilang, konflik kepentingan itu terjadi di lembaga negara macam DPR dan Mahkamah Agung (MA). Alhasil, korupsi terjadi di segala lini.

"Di DPR terjadi transaksi-transaksi di balik meja, Mahkamah Agung (MA), pengadilan bisa membeli perkara. Di pemerintah, di birokrasi sama," kata Mahfud.

Baca Juga: Dua Tahun Bukit Algoritma Sukabumi, Budiman Sebut Pertemuan dengan Investor Eropa

Lebih lanjut, Mahfud menilai korupsi yang terjadi di Indonesia memang tidak tampak secara gamblang. Penyakit itu menurutnya, memang sulit untuk diatasi.

"Di DPR ada conflict of interest. Pekerjaan anggota DPR, tapi punya konsultan hukum. Nanti kalau ada masalah, 'Tolong dibantu ini, itu'," ucap Mahfud.

"Dibawa ke pengadilan, pengadilannya korupsi lagi. Sampai hakimnya ditangkap, jaksa ditangkap, polisi ditangkap dan seterusnya," imbuhnya.

Sumber: Suara.com

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERKAIT