Sukabumi Update

2024 Jakarta Bukan Ibu Kota Negara, HUT ke-496 Jadi Ulang Tahun Terakhir

Tahun 2024 Jakarta Bukan Ibu Kota Lagi, HUT ke-496 Jadi Ulang Tahun Terakhir | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Hari Ulang Tahun atau HUT DKI Jakarta ke-496 merupakan momen yang spesial. Sebab, HUT kali ini merupakan terakhir kalinya Jakarta menyandang status ibu kota negara.

Hal ini disampaikan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono usai memimpin upacara peringatan HUT DKI Jakarta ke-496. Diketahui, pada tahun 2024 mendatang, status ibu kota akan dipindah dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur.

"496 bagian dari HUT DKI Jakarta yang spesial di mana nanti tahun berikutnya sebuah kalimat ibu kota tentunya sudah tidak disandang lagi," ujar Heru di lapangan silang Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (22/6/2023).

Meski tak menjadi ibu kota, Jakarta ke depannya diproyeksikan menjadi pusat ekonomi global. Karena itu, ia berharap tahun ini proses transformasi di Jakarta berjalan lancar agar tujuan itu bisa terwujud. "Jadi inilah titik awal untuk memberikan yang terbaik ke depan, untuk Jakarta dan untuk seluruh masyarakat Jakarta ke depan," ucapnya.

Baca Juga: Cerita Gunung Jayanti Sukabumi dan Ramalan Datangnya Ratu ke Tujuh

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menjadi Inspektur upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-496 Jakarta yang jatuh pada hari ini, Kamis (22/6/2023). Upacara digelar di lapangan silang Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat.

Upacara ini dihadiri oleh para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) hingga perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI yang tergabung dari unsur DPRD, Kepolisian, TNI, Kejaksaan, dan lembaga tingkat daerah lainnya.

"Puji syukur dan kita panjatkan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa hari ini dengan penuh suka cita kita berkumpul untuk merayakan hari ulang tahun ke 496 Kota Jakarta," ujar Heru mengawali sambutannya.

Dalam kesempatan itu, Heru merefleksikan perjalanan sejarah Jakarta yang terbilang cukup panjang. Mulai dari perubahan nama Batavia ke Jakarta hingga peran vitalnya menjadi pusat pemerintahan Indonesia.

"Dimulai dari sebuah kota pelabuhan bernama Sunda Kelapa yang menjadi tempat berdagang rempah-rempah, kemudian berganti nama menjadi Jayakarta di bawah kepemimpinan Fatahillah," tuturnya.

Lebih lanjut, Heru juga menyampaikan soal persiapan Jakarta menuju pusat ekonomi global setelah tak lagi menyandang status ibu kota pada tahun 2024 mendatang. Ia menyebut hal ini sebagai bagian dari kota Jakarta yang terus bertransformasi menjadi lebih baik.

"Sesuai visi Jakarta yaitu Sukses Jakarta untuk Indonesia dengan pengalaman sebagai ibu kota negara Jakarta diharapkan bisa terus memberikan kontribusi positif yang berdampak bagi pembangunan di daerah-daerah lain di Indonesia," pungkasnya.

sumber : suara.com 

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT