Sukabumi Update

Ujian SIM C di Polres Bantul Tanpa Zig Zag dan Angka 8, Begini Penampakannya

Uji SIM di Polres Bantul Tanpa Zig Zag dan Angka 8, Begini Penampakannya. | (Sumber : Instagram/@polresbantuldiy.)

SUKABUMIUPDATE.com - Masyarakat yang ingin mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) biasanya harus melewati tahapan ujian dahulu. Akan tetapi, pada pelaksanaannya tak jarang yang menemui kesulitan dan harus mengulangnya beberapa kali.

Terkini, Polres Bantul, Yogyakarta membuat terobosan baru dengan menerapkan ujian praktek SIM C untuk kendaraan roda dua tanpa jalur zigzag dan angka delapan. Konsep baru itu bisa dikatakan lebih manusiawi dibanding sebelumnya.

Penampakan lintasan baru itu dibagikan melalui akun Instagram @polresbantuldiy. Terlihat juga bagaimana seorang Polisi mempraktekan jalur baru tes tersebut.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Tidur Tanpa Celana Dalam, Bikin Bobo Makin Nyenyak

Polres Bantul menginisiasi konsep lintasan ujian SIM C terbaru ini karena menyikapi angka kecelakaan lalu lintas yang cukup tinggi di Bantul.

“Menyikapi angka kecelakaan lalu lintas yang cukup tinggi di Bantul, Polres Bantul menginisiasi konsep Uji Praktek SIM R2 yang baru dengan meniadakan ujian zig zag & angka 8 dan ujian dilaksanakan dalam 1 rangkaian,” tulis akun Instagram @polresbantuldiy.

“Menurut Bapak Wakapolda DIY konsep tersebut menjadi yang pertama di Indonesia, beliau juga berharap konsep tersebut bisa diterima Mabes Polri dan diberlakukan secara nasional,” tulis keterangan dalam postingan tersebut.

Terlihat dalam video yang dibagikan oleh @polresbantuldiy itu jalur baru ujian SIM C hanya lurus berbelok lalu berputar arah. Sepanjang jalurnya pun dilengkapi oleh rambu-rambu dan penunjuk arah yang wajib diikuti pengendara ujian SIM.

Jika dilihat sekilas, lintasan baru ujian SIM ini lebih mudah dilalui ketimbang jalur zigzag dan angka delapan.

Salah satu trek lintasan ujian SIM baru. | Instagram/@polresbantuldiySalah satu trek lintasan ujian SIM baru. | Instagram/@polresbantuldiy.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, meminta materi ujian praktik SIM mengitari lingkaran berbentuk angka 8 dan zig-zag untuk dievaluasi.

"Khusus untuk pembuatan SIM, ini saya minta ke Kakorlantas, tolong dilakukan perbaikan. Yang namanya angka delapan itu masih sesuai atau tidak. yang namanya melewati zig-zag itu masih sesuai atau tidak, saya kira kalau memang sudah tidak relevan, perbaiki" kata Kapolri dalam tayangan pidatonya di Youtube.

Menjajal lintasan baru ujian SIM C. | Instagram/@polresbantuldiyMenjajal lintasan baru ujian SIM C. | Instagram/@polresbantuldiy.

Diterapkannya jalur baru ujian SIM ini pun mendapatkan respon positif dari masyarakat. Hal ini bisa dilihat dari tanggapan masyarakat di kolom komentarnya.

“Nah ini improve yang bagus, seperti nya menekankan pemahaman bagi driver r2 untk tau rambu serta konsentrasi perihal instruksi,” kata akun @faqurozi___

“Naaah ini baruuuuu ujian SIM, bukan ujian masuk sekolah balap..😂😂.. Saluuuut..,” tulis akun @omdik6000

“Nahh ini baru ujian sim bukan ujian jadi pembalap sirkus🤭👍👍,” kata akun @
harymarmut

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT