Sukabumi Update

Heboh Megawati Usul Pembubaran KPK, Ini Kata Hasto PDIP

Gedung KPK RI | Foto : kpk.go.id

SUKABUMIUPDATE.com - Belakangan ini viral pernyatan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri soal pembubabaran KPK. Pernyatan tersebut disampaikan saat Megawati memberikan pengarahan pada sosialisasi buku teks utama pendidikan Pancasila, di The Tribrata, Jakarta Selatan, Senin, 21 Agustus 2023 lalu.

Melansir dari tempo.co, Megawati yang juga Ketua Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengaku dirinya pernah meminta kepada Presiden Joko Widodo alias Jokowi untuk membubarkan KPK. Permintaan itu dilontarkan karena Mega menilai keberadaan KPK tidak efektif menangani korupsi.

"Udah deh bubarin aja KPK itu pak. Jadi menurut saya nggak efektif. Ibu nih kalau ngomong cespleng," ujar Mega saat itu.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto membantah isu yang menyebutkan jika ketua umum partainya, Megawati Soekarnoputri sempat mengusulkan akan membubarkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia menyatakan pernyataan itu sebagai plintiran.

Baca Juga: DPR Soroti Food Estate Masuk RAPBN 2024 Meski Ditentang Masyarakat

"(Pernyataan Megawati soal pembubaran KPK) itu diplintir," kata Hasto saat mendampingi Megawati dalam lawatan di Yogyakarta seperti dikutip tempo.co, Selasa (22/8/2023).

Hasto menilai isu itu hanyalah untuk menyudutkan Megawati dan PDIP. Dia menyatakan bahwa Mega merupakan pendiri KPK dua dekade lalu, namun prihatin karena masalah korupsi masih menjadi persoalan hingga saat ini.

"Jadi pernyataan sebenarnya dari Ibu Megawati, beliaulah yang mendirikan KPK, upaya pemberantasan korupsi itu terus-menerus dilakukan dengan segala upaya tetapi itu masih menjadi persoalan pokok dari bangsa kita," kata Hasto. "Sehingga Ibu Mega ingin menegaskan, kalau begitu jangan dong, sekedar komisi yang setiap saat (bergerak) karena komisi ini sifatnya bukan permanen."

Hasto menyatakan bahwa ketua umum partainya tersebut menilai harus ada upaya pemberantasan korupsi yang lebih serius.

Baca Juga: Program Lumbung Pangan 'Food Estate' Jokowi Dikritik PDIP: Proyek Kejahatan Lingkungan

"Harus ada suatu upaya yang lebih sungguh-sungguh, ini juga menjadi komitmen dari seluruh pemimpin nasional hingga ke seluruh anak bangsa di dalam mencegah korupsi," imbuh Hasto.

Sudah konfirmasi ke Megawati

Hasto pun telah mengkonfirmasi soal pernyataan ihwal pembubaran KPK itu kepada Megawati secara langsung. Putri dari proklamator Sukarno itu, menurut Hasto, membantahnya.

"Saya sudah konfirmasi soal itu kepada Ibu Mega, (pernyataan pembubaran KPK) itu sama sekali tidak benar karena beliau yang mendirikan KPK sebagai spirit untuk memenuhi amanat dari reformasi," kata Hasto.

Sumber : Tempo.co

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT