Sukabumi Update

Tarif Rp 5 Ribuan, LRT Jabodebek Bisa Digunakan Mulai Pukul 14.00 WIB

Tarif Rp 5 Ribuan, LRT Jabodebek Bisa Digunakan Mulai Pukul 14.00 WIB (Sumber : Instagram/@lrt_jabodebek)

SUKABUMIUPDATE.com - Light Rail Transit atau LRT Jabodebek diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Senin (28/8/2023).

Berbeda dengan MRT, LRT memakai 3 rel dan sumber listrik di bawah kereta. Third Rail pada LRT berfungsi sebagai sumber listrik.

Presiden Jokowi dan rombongan di jadwalkan tiba di Stasiun Harjamukti, Depok sekitar pukul 08.30 WIB dan langsung menuju peron untuk masuk gerbong LRT menuju Stasiun Cawang. 

Baca Juga: Kenali 10 Ciri Orang Tidak Peka, Apakah Kamu Termasuk?

Dikutip via Tempo, Jokowi akan meresmikan moda transportasi tersebut di Stasiun Cawang dan setelahnya melanjutkan perjalanan hingga ke Dukuh Atas. 

Setelah diresmikan, LRT Jabodebek langsung akan beroperasi dan bisa digunakan oleh masyarakat di hari yang sama. Masyarakat dapat menggunakan kartu uang elektronik (e-money) untuk bertransaksi di stasiun LRT. 

LRT Jabodebek Memiliki 18 Stasiun 

LRT Jabodebek memiliki 18 stasiun, di mana setiap stasiunnya telah terintegrasi dengan sejumlah moda Transportasi lainnya. Diantaranya yakni KRL, Transjakarta, Trans Patriot Bekasi, Transjabodetabek (Royal Trans), hingga Angkot. 

Proyek LRT Jabodebek tersebut dibangun dengan nilai investasi sebesar Rp 29,9 triliun. Kemudian biayanya membengkak Rp 2,6 triliun menjadi Rp 32,5 triliun karena operasionalnya sempat diundur. 

Pada 12 Juli 2023 lalu, PT KAI resmi melakukan uji coba operasional terbatas hingga 15 Agustus 2023. 

Baca Juga: 10 Ciri Orang Tua Bahagia, Keluarga dan Pekerjaan Seimbang

Rute LRT Jabodebek

Daftar 10 Titik Parkir di Sekitar LRT Jabodebek, Yuk Catat!LRT Jabodebek

Panjang Rute LRT Jabodebek mulai dari Stasiun Cawang menuju Stasiun Harjamukti sepanjang 14,89 kilometer. Sementara, dari Stasiun Cawang menuju Stasiun Dukuh Atas sepanjang 11,05 kilometer. Dan ketiga, Stasiun Cawang menuju Stasiun Jatimulya di Bekasi Timur sepanjang 18,49 kilometer. 

“Setiap rangkaian LRT Jabodebek terdiri dari 6 kereta yang dapat dioperasikan tanpa masinis dengan sistem pengoperasian Communication-Based Train Control (CBTC) dengan Grade of Automation (GoA) level 33,” kata Direktur PT KAI Didiek Hartantyo, Jumat 14 Juli 2023 lalu.

Didiek berharap proyek LRT Jabodebek bisa menjadi tonggak sejarah atau milestone yang baik dalam pembangunan perkotaan modern di Indonesia. “Dan mendukung transportasi berkelanjutan serta menjadikan moda kereta api menjadi pilihan utama untuk masyarakat khusunya di Jabodebek,” kata Didiek.

Tarif LRT Jabodebek 2023

Tarif Rp 5 Ribuan, LRT Jabodebek Bisa Digunakan Mulai Pukul 14.00 WIBTarif Rp 5 Ribuan, LRT Jabodebek Bisa Digunakan Mulai Pukul 14.00 WIB

Kementerian Perhubungan atau Kemenhub telah menetapkan tarif LRT Jabodebek dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 67 Tahun 2023, tentang tarif angkutan orang dengan kereta api ringan terintegrasi di wilayah Jabodebek untuk melaksanakan kewajiban pelayanan publik. 

“Telah ditetapkan tarif LRT Jabodebek yakni Rp 5.000 untuk 1 kilometer pertama, dan selanjutnya masyarakat dikenakan Rp 700 setiap kilometer berikutnya,” bunyi aturan tersebut dikutip lewat keterangan tertulis Kemenhub pada Selasa, 18 Juli 2023.

Dikutip terpisah dari Instagram resmi LRT Jabodebek, masyarakat umum dapat menggunakan kereta ini mulai Senin (28/8/2023) pukul 14.00 WIB.

SUMBER: TEMPO.CO | ADE RIDWAN YANDWIPUTRA | M KHORY ALFARIZI | Instagram LRT

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT