Sukabumi Update

Viral Aktivitas Foto Prewed Picu Kebakaran Bukit Teletubbies Bromo

Kawasan hutan di Bukit Teletubbies Bromo di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (Sumber: video viral)

SUKABUMIUPDATE.com - Lagi-lagi dugaan kelalaian memicu kebakaran lahan dan hutan. Aktivitas foto Prewed yang menggunakan flare diduga menjadi pemicu kebakaran hebat di Bukit Teletubbies Bromo di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, sejak 6 September 2023 kemarin.

Pihak taman nasional melakukan penutupan total aktivitas wisata dari semua pintu masuk menuju kawasan Gunung Bromo. Kebakaran di blok Blok Savana Lembah Watangan atau Bukit Teletubbies, masih dalam penanganan petugas.

Melansir merdeka.com, polisi dan pihak taman nasional bergerak cepat. Pelaku saat ini menjalani pemeriksaan di Polsek Sukapura, Polres Probolinggo. "Ya betul, pelaku sudah diamankan di polsek setempat, " ujar Kepala Bagian Tata Usaha BB TNBTS, Septi Eka Wardhani, di Malang, Kamis (7/9/2023).

Baca Juga: 3 Terdakwa Kasus Korupsi SPK Fiktif di Sukabumi Dituntut 1 dan 2 Tahun Penjara

Dampak kebakaran, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) melakukan penutupan total kawasan sejak Rabu (6/9) pukul 22.00 WIB sampai batas yang belum ditentukan.

Menurut Septi, hasil evaluasi TNBTS saat ini lebih fokus pada pengendalian, pemantauan kawasan. “Segala aktivitas kunjungan kami tutup."

Pengunjung yang telah melakukan pembelian karcis melalui booking online, dapat mengajukan penjadwalan ulang (reschedule) saat wisata kembali dibuka. Ketentuan dan tata cara reschedule akan diinformasikan kembali.

Sumber: merdeka.com

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT